12 Aplikasi Catatan Keuangan di Android, Lengkap & Gratis!

12 Aplikasi Catatan Keuangan di Android, Lengkap & Gratis!

Merasa kewalahan dalam mengelola keuangan? Tenang, 12 aplikasi catatan keuangan ini bisa kamu manfaatkan untuk merapikan arus kas kamu.

Aplikasi-aplikasi ini hadir dengan beragam fitur yang tidak hanya menarik tetapi juga sangat user-friendly.

Kamu bisa mengunduhnya langsung dari Playstore atau App Store, sesuai dengan jenis perangkat yang kamu gunakan.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan lebih dari sekadar mencatat pengeluaran dan pemasukan. Kamu juga bisa membuat perencanaan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

Yang menarik, beberapa aplikasi bahkan menawarkan fitur integrasi akun, yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan aplikasi dengan akun bank atau dompet digital kamu.

Dengan begitu, setiap transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara otomatis, memudahkan kamu dalam memantau keuangan.

Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan di Android

Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan di Android

Kabar baik bagi kamu yang menggunakan perangkat Android, kamu tidak perlu lagi merogoh kocek untuk menyewa jasa akuntan pribadi demi mengatur anggaran bulanan.

Cukup dengan mengunduh aplikasi catatan keuangan yang kami rekomendasikan, kamu sudah bisa mengelola keuanganmu dengan lebih efisien.

Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu kamu dalam mengatur dan memonitor arus keuangan sehari-hari, sehingga kamu bisa lebih fokus pada hal-hal lain yang juga penting dalam hidupmu.

  1. Spendee

Menggunakan aplikasi Spendee, kamu memiliki kebebasan untuk mengelola keuangan bulanan dengan lebih terstruktur.

Aplikasi catatan keuangan ini memungkinkan kamu untuk mencatat berbagai jenis pengeluaran, mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti belanja bahan makanan, hingga pengeluaran untuk liburan atau rekreasi.

Tidak hanya itu, Spendee juga menawarkan fitur Joint Funding, sebuah opsi yang memungkinkan kamu untuk mengelola keuangan bersama pasangan atau partner bisnis.

Fitur ini sangat membantu dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana bersama. Selain itu, Spendee juga memiliki kemampuan untuk terhubung langsung dengan rekening bank dan e-wallet milikmu, memudahkan proses pencatatan transaksi secara otomatis.

  1. Money Manager Expense & Budget

Berbeda dengan Spendee, aplikasi Money Manager Expense & Budget menekankan pada fitur keamanan dan kemudahan penggunaan.

Aplikasi catatan ini memungkinkan kamu untuk mencatat transaksi keuangan harian, bulanan, hingga tahunan dengan berbagai kategori yang bisa disesuaikan.

Keamanan data menjadi prioritas utama, dengan adanya fitur passcode atau PIN yang memastikan hanya kamu yang bisa mengakses informasi keuangan pribadi.

Tidak perlu khawatir tentang kehilangan data, karena aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk membackup dan merestore data keuangan kamu

  1. Money+

Money+ menawarkan lebih dari sekadar fitur dasar dalam pencatatan keuangan. Aplikasi ini hadir dengan kemudahan pencatatan transaksi secara real-time dan menyediakan laporan keuangan yang bisa dijadikan bahan evaluasi.

Selain itu, Money+ juga menawarkan berbagai pilihan kategori yang bisa disesuaikan, memudahkan kamu dalam proses pencatatan.

Dengan tema ‘cute expense tracker’, tampilan antarmuka aplikasi ini bisa disesuaikan sesuai selera, menjadikannya pilihan yang menarik terutama untuk generasi Milenial dan Gen Z yang menginginkan sesuatu yang lebih dari sekadar aplikasi keuangan biasa.

  1. Finansialku

Finansialku bukan sekadar aplikasi catatan keuangan biasa, aplikasi ini telah mendapatkan sertifikat CFP (Certified Financial Planner), sebuah bukti kredibilitas yang menunjukkan keahlian dalam perencanaan keuangan.

Dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk menetapkan anggaran berdasarkan saldo akun, Finansialku menjadi alat yang sangat membantu dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran.

Jika kamu merasa kesulitan dalam membuat anggaran atau menghadapi masalah keuangan, aplikasi ini juga menyediakan saran profesional tentang cara mengelola keuanganmu dengan lebih efektif dan efisien.

  1. Sribuu

Sribuu adalah aplikasi yang menawarkan lebih dari sekadar laporan keuangan bulanan.

Aplikasi catatan keuangan ini juga menyediakan analisis mendalam dari laporan keuanganmu, membantu kamu dalam merencanakan pengelolaan dana untuk bulan berikutnya.

Jika kamu sering berbelanja online atau memiliki lebih dari satu akun bank, Sribuu memungkinkan kamu untuk menghubungkannya dengan akun bank atau dompet digital yang kamu miliki.

Dari segi keamanan, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur passcode, memastikan bahwa hanya kamu yang bisa mengakses informasi keuanganmu.

Sebagai bonus, Sribuu juga menawarkan fitur konsultasi dengan financial planner yang tersedia langsung di aplikasi.

  1. BukuWarung

BukuWarung adalah aplikasi catatan keuangan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan manajemen keuangan pribadi maupun bisnis.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan dan pelacakan arus kas, seperti fitur Catat Hutang.

Dengan fitur ini, kamu bisa mencatat dan melunasi hutang dengan mudah. Cukup klik nama orang yang berhutang, dan aplikasi ini akan menampilkan riwayat hutang dan tunggakan yang tersisa.

Selain itu, BukuWarung juga mengirimkan reminder melalui SMS kepada orang yang memiliki hutang, memastikan bahwa mereka tidak lupa untuk membayar.

Keuntungan dan kerugian juga bisa diidentifikasi dengan mudah, membantu kamu dalam memahami kondisi keuanganmu.

Keamanan data juga menjadi prioritas, dengan penyimpanan data secara online, memastikan bahwa data kamu tetap aman meskipun kamu berganti ponsel.

  1. Monefy

Monefy menawarkan tampilan antarmuka yang mencolok namun sederhana, memenuhi kebutuhan akan kesederhanaan dalam aplikasi catatan keuangan.

Kesederhanaan ini sangat penting, terutama karena tugas mengelola keuangan sudah cukup kompleks. Monefy menyediakan berbagai kategori yang bisa kamu gunakan untuk mengatur anggaran.

Cukup masukkan jumlah pengeluaran atau pemasukan, lalu pilih kategori yang sesuai, dan voila! Kamu sudah memiliki manajemen keuangan sehari-hari yang lebih terorganisir.

  1. Catatan Keuangan Harian

Berbeda dari aplikasi catatan keuangan lain yang seringkali penuh dengan fitur dan desain yang memanjakan mata, Catatan Keuangan Harian menawarkan desain yang minimalis namun tetap fungsional.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang lebih menyukai tampilan yang sederhana dan bersih. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengunduh laporan bulanan dalam berbagai format file, seperti PDF, teks, dan XLS.

  1. Money Lover

Jika kamu membutuhkan bantuan ekstra dalam mengelola keuangan, Money Lover bisa menjadi pilihan aplikasi catatan keuangan yang tepat.

Aplikasi ini menawarkan fitur seperti Anggaran, Tabungan, dan Transaksi yang membantu kamu dalam mengelola pengeluaran bulanan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari makanan, transportasi, hingga hiburan.

Dengan Money Lover, kamu bisa mengelola hampir semua jenis pengeluaran tanpa perlu repot menulis laporan keuangan di atas kertas.

  1. Wallet: Budget Expense Tracker

Mengelola keuangan sehari-hari menjadi lebih mudah dengan Wallet. Aplikasi catatan keuangan ini mampu mencatat segala jenis transaksi, bahkan yang paling kecil sekalipun.

Selanjutnya, aplikasi ini akan mengolah data tersebut menjadi grafik pengeluaran yang dibagi ke dalam beberapa kategori.

Sebagai tambahan, Wallet juga menawarkan fitur yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan aplikasi ini dengan rekening bank dan dompet digital milikmu.

Dari segi keamanan, Wallet juga tidak kalah; semua data yang ada bisa dengan mudah di-backup melalui fitur cloud sync.

  1. AndroMoney

AndroMoney menawarkan kemampuan untuk melacak pendapatan dan pengeluaranmu dengan tampilan yang sederhana namun sangat terperinci.

Aplikasi ini menyajikan anggaran khusus yang terperinci, memungkinkan kamu untuk memahami lebih baik bagaimana uangmu dihabiskan.

Selain itu, AndroMoney juga menyediakan berbagai bagan yang menunjukkan pola pengeluaranmu, membantu kamu dalam menganalisis kebiasaan keuangan.

Salah satu kelebihan lain dari aplikasi catatan keuangan ini adalah kapasitas penyimpanan data melalui Dropbox dan Google Docs, memastikan bahwa data keuanganmu selalu aman dan dapat diakses kapan saja.

Aplikasi ini juga sangat membantu dalam menganggarkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari perjalanan dan hiburan, makan di luar, hingga peralatan, rumah, furnitur, dan pakaian.

  1. DompetKu

DompetKu menawarkan fitur multiple accounts yang memungkinkan kamu untuk mengelola keuangan dari berbagai sumber pemasukan, seperti rekening bank dan e-wallet, dalam satu aplikasi.

Ini memudahkan kamu dalam memantau aliran keuangan dari berbagai sumber tanpa perlu berganti-ganti aplikasi. Selain itu, aplikasi ini bebas dari iklan, sehingga kamu bisa fokus dalam mencatat transaksi terbaru tanpa adanya distraksi.

Keamanan data juga menjadi prioritas di DompetKu; semua data yang tercatat bisa disimpan di Google Drive, memastikan bahwa data keuanganmu aman dan dapat diakses dari berbagai perangkat.

Dengan berbagai pilihan aplikasi catatan keuangan yang tersedia, kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupmu.

Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda, tetapi tujuannya sama, membantu kamu dalam mengelola keuangan dengan lebih efisien dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like