Cara Buat Email Baru Lewat HP di Gmail, Yahoo, dan Outlook

Cara Buat Email Baru Lewat HP di Gmail, Yahoo, dan Outlook

Mau coba buat email baru lewat HP? Bingung bagaimana caranya? Artikel ini bisa jadi jawaban yang paling tepat untuk kamu!

Email merupakan bentuk surat elektronik yang memerlukan perangkat komputer, smartphone, atau tablet beserta koneksi internet untuk pengiriman dan penerimaannya.

Fungsinya tak hanya terbatas pada komunikasi, melainkan juga memiliki peran penting dalam proses pendaftaran pekerjaan dan pembuatan akun di berbagai platform digital.

Salah satu jenis alamat email yang dominan digunakan adalah akun Gmail yang dikelola oleh Google.

Popularitas Gmail sangat tinggi karena kualitas layanannya dan integrasi yang kuat dengan berbagai layanan Google lainnya.

Namun, selain Gmail, masih terdapat opsi lain seperti akun Yahoo dan iCloud, yang masing-masing memiliki ciri khas dan penggunaannya sendiri.

Mendaftarkan akun email baru melalui perangkat smartphone atau HP telah menjadi proses yang semakin simpel dan cepat.

Bagi banyak orang, khususnya yang tidak memiliki akses mudah ke komputer, HP menjadi alat utama untuk mengakses dunia digital.

Untuk menciptakan alamat email baru melalui HP, terdapat beberapa metode yang bisa kamu pilih, tergantung pada preferensimu serta jenis HP yang kamu gunakan.

Cara Buat Email Baru Lewat HP

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk buat email baru lewat HP dari berbagai media, diantaranya sebagai berikut:

  1. Cara Buat Email Baru Lewat HP di Aplikasi Gmail

Pada kebanyakan ponsel Android terbaru, kamu akan menemukan bahwa aplikasi Gmail telah disematkan sebagai aplikasi bawaan.

Kehadiran aplikasi ini membawa kemudahan dalam mengelola email, memungkinkanmu untuk mengirim dan menerima pesan langsung melalui perangkat HP-mu.

Proses membuat email baru melalui aplikasi Gmail di HP Android memiliki beberapa tahapan yang perlu diikuti, sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu pada perangkat HP Android-mu.
  • Setelah itu, cari dan buka aplikasi Gmail yang sudah terpasang di perangkat HP-mu.
  • Di dalam aplikasi Gmail, cari dan pilih opsi “Add Another Account” atau “Tambahkan Akun Baru”.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih untuk siapa email ini akan dibuat. Apakah untuk dirimu sendiri atau mungkin untuk orang lain.
  • Jika email ini akan kamu buat untuk dirimu sendiri, langkah selanjutnya adalah memilih “Create Account” dan kemudian pilih opsi “For Myself”.
  • Isilah kolom dengan nama depan dan nama belakangmu, lalu lanjutkan dengan mengklik tombol “Next”.
  • Tanggal lahir dan jenis kelaminmu perlu diinput pada langkah berikutnya. Setelah selesai, klik “Next”.
  • Pada tahap ini, kamu akan diberikan pilihan untuk “Create your own Gmail Address”. Pilih opsi ini.
  • Berikutnya, kamu perlu membuat kata sandi atau password yang kuat, yang terdiri dari kombinasi huruf, simbol, dan angka. Setelah itu, klik “Next”.
  • Jika kamu ingin menambahkan nomor telepon sebagai informasi tambahan, pilih opsi “Yes, I’m in”. Namun, jika tidak ingin menambahkan nomor telepon, kamu bisa langsung klik “Skip”.
  • Terakhir, baca dan setujui persyaratan serta kebijakan privasi yang diberikan.
  • Setelah semua langkah di atas diselesaikan, akun Gmail baru yang kamu buat akan selesai dan siap digunakan.
  1. Cara Buat Email Baru Lewat HP di Web Browser

Metode alternatif untuk membuat email baru melalui perangkat HP adalah dengan menggunakan web browser.

Jika aplikasi Gmail tidak tersedia di ponselmu, langkah-langkah berikut ini dapat membimbingmu dalam proses pembuatan email baru menggunakan web browser:

  • Pertama, kamu perlu membuka web browser di HP-mu dan kunjungi situs resmi gmail.com.
  • Setelah masuk ke situs Gmail, cari dan pilih opsi “Create Account” atau “Buat Akun Baru”.
  • Langkah selanjutnya akan membawa kamu ke formulir pendaftaran yang memerlukan pengisian informasi pribadi yang diperlukan untuk membuat akun baru.
  • Salah satu langkah penting dalam proses ini adalah memasukkan nomor telepon yang akan digunakan untuk memverifikasi akun Google-mu. Verifikasi ini sangat penting dalam menjaga keamanan akunmu.
  • Setelah mengisi nomor telepon, sistem akan mengirimkan pesan teks berisi kode verifikasi ke nomor yang telah kamu masukkan sebelumnya.
  • Masukkan kode verifikasi dengan tepat sesuai yang tercantum dalam pesan teks. Pastikan kode ini tercatat dengan benar untuk menghindari kesalahan.
  • Langkah berikutnya adalah mengisi formulir yang berisi informasi pribadi, seperti nama lengkap dan tanggal lahirmu.
  • Sebelum menyelesaikan proses pendaftaran, disarankan untuk membaca dan meninjau dengan seksama “Google Terms of Service and Privacy” atau Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google. Jika kamu setuju dengan ketentuan yang diberikan, kamu dapat mengklik opsi “I Agree” atau “Saya Setuju”.
  • Dengan menyetujui persyaratan tersebut, akun Gmail baru yang kamu buat akan berhasil terdaftar.
  1. Cara Buat Email Baru Lewat HP di Pengaturan

Proses buat email baru lewat HP di Pengaturan atau Setting dapat dilakukan dengan mengikuti serangkaian langkah yang terperinci berikut ini:

  • Mulailah dengan membuka menu “Pengaturan” pada perangkat smartphone milikmu.
  • Jika kamu menggunakan perangkat Android, pilih opsi “Akun” dalam menu pengaturan. Sedangkan pada iPhone, kamu akan menemukan pengaturan ini dalam menu “Mail”.
  • Setelah itu, carilah opsi “Tambah akun” dan pilih jenis email yang ingin kamu buat.
  • Setelah memilih jenis email, lanjutkan dengan mengklik opsi “Buat akun” dan ikuti panduan yang muncul di layar. Instruksi ini akan meminta kamu untuk memasukkan informasi pribadi yang diperlukan, seperti nama pengguna dan data lainnya yang relevan.
  • Ikuti langkah selanjutnya dalam panduan untuk menyelesaikan proses pembuatan akun baru hingga tuntas.
  • Sebagai langkah akhir, setelah semua langkah dan info

Menggunakan pengaturan pada perangkat HP untuk mendaftar email menawarkan keleluasaan untuk memilih jenis email yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Berbagai opsi yang tersedia, seperti Gmail, Yahoo, Microsoft Outlook, dan masih banyak lagi, memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pilihan sesuai preferensimu dan kebutuhan komunikasimu.

  1. Cara Buat Email Baru Lewat HP di Aplikasi Yahoo

Proses buat email baru lewat HP di aplikasi Yahoo Mail dapat diikuti dengan langkah-langkah berikut ini.

Jika kamu berencana untuk buat email baru Yahoo melalui perangkat HP-mu, langkah-langkah yang tersedia di bawah ini akan membantu kamu dalam memahami prosesnya secara rinci:

  • Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Yahoo Mail melalui Play Store jika kamu menggunakan perangkat Android atau melalui AppStore jika menggunakan perangkat iPhone. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Sign Up” atau “Daftar”.
  • Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk memasukkan berbagai data yang diperlukan. Informasi yang diperlukan meliputi tanggal lahir, jenis kelamin, nomor HP yang valid, kata sandi yang akan digunakan, dan alamat email yang ingin kamu buat.
  • Setelah mengisi data dengan benar, pilih opsi “Continue” atau “Lanjutkan”. Langkah ini akan membawa kamu ke tahap berikutnya.
  • Untuk memastikan keamanan akunmu, tahap berikutnya akan meminta kamu untuk memverifikasi nomor HP yang telah kamu masukkan sebelumnya. Pastikan nomor HP yang dimasukkan adalah benar. Kemudian, pilih opsi “Text me a verification code” atau “Kirimkan saya kode verifikasi melalui SMS”.
  • Setelah permintaan kode verifikasi dikirimkan, periksa pesan SMS yang kamu terima. Masukkan kode verifikasi tersebut dengan cermat pada kolom yang disediakan dalam aplikasi.
  • Pilih opsi “Verify” atau “Verifikasi” untuk melanjutkan proses.
  • Dengan verifikasi yang berhasil, notifikasi akan muncul, mengindikasikan bahwa akun Yahoo telah berhasil dibuat. Pilih opsi “Continue” atau “Lanjutkan” untuk mulai menikmati akses dari alamat email Yahoo baru yang telah kamu buat.
  1. Cara Buat Email Baru Lewat HP di Yahoo via Browser

Proses buat email baru lewat HP di Yahoo dapat dilakukan tidak hanya melalui aplikasi Yahoo Mail, namun juga melalui web browser pada perangkat HP-mu.

Langkah-langkah yang diperlukan dalam proses ini dijelaskan secara rinci di bawah ini, untuk memberikan pemahaman lebih mendalam bagi kamu yang ingin menciptakan alamat email Yahoo:

  • Pertama, buka web browser yang ada pada perangkat HP-mu, lalu masukkan alamat login.yahoo.com/account/create dalam bilah pencarian.
  • Setelah masuk ke halaman tersebut, kamu akan diminta untuk mengisi berbagai data yang diperlukan, mirip dengan cara pengisian data saat membuat email baru Yahoo melalui aplikasi.
  • Setelah semua informasi relevan terisi dengan benar, lanjutkan dengan mengklik opsi “Lanjutkan” atau “Continue”. Langkah ini akan membawa kamu ke tahap verifikasi nomor telepon. Pilih opsi “Text me a verification code” atau “Kirimkan saya kode verifikasi melalui SMS”.
  • Dengan memilih opsi tersebut, sistem akan mengirimkan kode verifikasi melalui pesan SMS. Segera periksa pesan tersebut dan masukkan kode verifikasi yang telah diterima ke dalam kolom yang disediakan pada halaman.
  • Pilih opsi “Verify” atau “Verifikasi” untuk mengonfirmasi kode yang dimasukkan.
  • Setelah berhasil diverifikasi, notifikasi akan muncul, memberi tahu bahwa proses pembuatan akun Yahoo telah berhasil. Pilih opsi “Continue” atau “Lanjutkan” untuk mengakses dan menggunakan akun email yang baru saja kamu buat.
  1. Cara Buat Email Baru Lewat HP di Outlook

Menggunakan layanan dari Microsoft, langkah-langkah untuk buat email baru lewat HP di Outlook memberikan kemudahan yang signifikan.

Terutama bagi para pengguna Microsoft Office yang butuh untuk membuat dan menyimpan file secara langsung melalui OneDrive.

Proses pembuatan email Outlook telah dirinci di bawah ini untuk memberikan panduan rinci bagi kamu yang ingin memiliki alamat email baru di platform ini:

  • Pertama-tama, buka web browser yang terdapat pada perangkat HP-mu dan akses alamat https://signup.live.com.
  • Pada halaman tersebut, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih alamat email yang ingin kamu gunakan. Pilih dari opsi yang tersedia seperti outlook.com, outlook.co.id, atau hotmail.com.
  • Buatlah password untuk alamat email Outlook baru yang akan kamu buat. Pastikan password yang kamu pilih memiliki keamanan yang memadai.
  • Isilah kolom dengan nama depan dan nama belakangmu sesuai dengan data yang valid.
  • Selanjutnya, pilih negara tempat kamu tinggal dan masukkan tanggal lahirmu.
  • Sebagai langkah verifikasi keamanan, jawablah teka-teki atau pertanyaan yang diberikan.
  • Dengan semua langkah di atas dilakukan dengan benar, email Outlook baru yang kamu buat akan siap digunakan.

Akhir Kata

Berbagai metode telah diuraikan di atas untuk membantumu buat email baru lewat HP-mu, dengan fokus pada platform Gmail, Yahoo, dan Outlook.

Dengan memahami dan mengikuti dengan cermat langkah-langkah buat email baru lewat HP yang telah dijelaskan, kamu dapat buat email baru lewat HP dengan efisien dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like