4 Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus, Mudah dan Ampuh

4 Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus, Mudah dan Ampuh
Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus

Pernah alami masalah akun WhatsApp kamu terhapus tiba-tiba? Tentu hal ini jelas bikin kamu bingung dan panik, sehingga berusaha cari-cari bagaimana cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus.

Apalagi aplikasi chatting WhatsApp ini merupakan salah satu sarana komunikasi yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Sehingga jika akun WhatsApp-mu terhapus, tentu akses komunikasi jadi terasa cukup sulit.

Tapi sekarang kamu tak perlu khawatir lagi. Karena ada banyak cara mengembalikan akun WhatsApp yang mudah untuk kamu praktikkan langsung jika sewaktu-waktu akun WhatsApp-mu terhapus. Yuk, mari disimak!

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus

Ada beragam cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus yang bisa kamu gunakan saat masalah ini terjadi pada akun WA-mu. Berikut adalah beberapa cara mudahnya yang bisa kamu lakukan:

  1. Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus Melalui Database Lokal

Sebagai aplikasi pesan instan yang populer, WhatsApp memiliki fitur yang secara otomatis mencadangkan data dan menyimpannya di aplikasi File Manager pada perangkat pengguna, seringkali tanpa disadari oleh penggunanya.

Keuntungan dari fitur ini adalah memungkinkan pengguna untuk bisa lakukan cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus secara manual, meski memerlukan beberapa langkah yang harus diikuti.

Langkah-langkah cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi File Manager pada perangkatmu.
  2. Selanjutnya, cari dan akses folder Databases yang berhubungan dengan aplikasi WhatsApp.
  3. Dalam folder tersebut, carilah database yang paling baru atau terakhir.
  4. Setelah itu, ubahlah nama database tersebut menjadi msgstore.db.crypt14.
  5. Langkah berikutnya adalah menghapus aplikasi WhatsApp dan menginstalnya kembali.
  6. Setelah aplikasi terinstal, lakukan login menggunakan nomor teleponmu.
  7. Kamu akan menerima kode OTP untuk verifikasi, masukkan kode tersebut.
  8. Berikan izin kepada aplikasi untuk mengakses kontak dan media.
  9. Jika cadangan berhasil ditemukan, akan muncul tombol Restore, ketuk tombol tersebut.
  10. Setelah itu, lanjutkan dengan mengetuk tombol Next.
  11. Kamu akan diminta untuk mengatur foto dan nama profil, setelah selesai, klik Next.
  12. Terakhir, klik Done dan proses pemulihan akunmu telah selesai.

Perlu diingat bahwa lokasi folder Databases dapat berbeda tergantung pada versi sistem operasi yang digunakan.

Biasanya, kamu bisa menemukannya di media internal > WhatsApp > Databases atau media internal > Android > media > com.whatsapp > WhatsApp > Databases jika kamu menggunakan versi sistem operasi yang lebih baru.

  1. Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus via Google Drive

WhatsApp juga ternyata punya fitur backup yang keren lho. Fitur ini bisa jadi penyelamat saat kamu kehilangan data atau tanpa sengaja menghapusnya.

Nah, kalau kamu rutin backup data WhatsApp ke Google Drive, proses cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus akan sangat gampang. Yuk, simak langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Lalu, klik tombol yang bertuliskan ‘Agree and Continue’.
  3. Masukkan nomor telepon yang kamu gunakan untuk akun WhatsApp yang mau kamu pulihkan.
  4. Klik ‘Next’ dan tombol ‘OK’.
  5. Kamu akan menerima kode OTP lewat pesan, salin kode tersebut.
  6. Tunggu sebentar, proses verifikasi datanya sedang berlangsung.
  7. Setelah itu, klik ‘Continue’ untuk memberikan izin akses ke kontak dan media kamu.
  8. Sekarang klik ‘Restore’ untuk mencari cadangan data kamu.
  9. Setelah proses pemulihan selesai, klik ‘Next’.
  10. Sekarang, lengkapi foto dan nama profil kamu, lalu klik ‘Next’.
  11. Jangan lupa atur pencadangan data ke Google Drive.
  12. Terakhir, klik tombol ‘Done’.

Cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus ini biasanya bisa kamu lakukan saat kamu melakukan uninstall WhatsApp dan melakukan instalasi ulang kembali aplikasi WhatsApp di smartphone kamu.

  1. Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus dengan Aplikasi TextNow

TextNow, aplikasi yang bisa jadi teman setia kamu untuk melakukan panggilan telepon gratis ke berbagai penjuru dunia. Aplikasi ini memberikan kamu nomor telepon virtual, sehingga kamu bisa melakukan panggilan ke mana saja, kapan saja.

Salah satu kegunaan menarik lainnya dari TextNow adalah kemampuannya untuk memverifikasi akun WhatsApp.

Ya, kamu bisa menggunakan nomor virtual dari TextNow untuk verifikasi akun WhatsApp, sehingga bisa juga kamu gunakan untuk cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus.

Penasaran cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus menggunakan aplikasi TextNow? Simak langkah-langkahnya berikut:

  1. Pertama, kamu perlu mengunduh aplikasi TextNow. Kamu bisa mendapatkannya di Playstore atau Apple Store.
  2. Setelah itu, ikuti proses pendaftaran akun. Kamu juga bisa memilih untuk mendaftar menggunakan akun Google kamu, lho.
  3. Selanjutnya, pilih nomor yang disediakan oleh aplikasi. Nomor ini nantinya yang akan kamu gunakan untuk verifikasi.
  4. Masukkan nomor tersebut saat diminta untuk verifikasi.
  5. Biasanya, kamu akan mendapatkan SMS untuk melakukan verifikasi.
  6. Tapi, jika SMS tak kunjung masuk, jangan khawatir. Pilih saja opsi ‘Call Me’. Nantinya, operator WhatsApp akan memberitahukan kode verifikasi lewat telepon.
  7. Setelah memasukkan kode verifikasi, akun WhatsApp kamu berhasil diverifikasi dan prosesnya sudah selesai.
  1. Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus via WhatsApp Support

Terkadang, upaya untuk cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus bisa jadi rumit dan membingungkan. Tapi jangan khawatir, kamu bisa meminta bantuan langsung dari tim Whatsapp Support. Mereka siap membantu kamu mengatasi masalah yang kamu alami.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Pertama, buka situs resmi mereka di whatsapp.com/contact.
  2. Selanjutnya, pilih jenis WhatsApp yang kamu gunakan, apakah untuk pribadi atau bisnis, lalu klik opsi ‘hubungi kami’.
  3. Masukkan nomor HP lama yang kamu gunakan untuk mendaftar di WhatsApp.
  4. Selanjutnya, masukkan jenis perangkat yang kamu gunakan saat memakai WhatsApp.
  5. Di kolom yang disediakan, jelaskan dengan detail masalah yang kamu alami. Jangan lupa untuk mencakup semua detail penting agar mereka bisa membantu kamu dengan lebih efektif.
  6. Setelah kamu selesai menuliskan keluhan, klik ‘Kirim Pertanyaan’.
  7. Terakhir, bersabarlah dan tunggu balasan dari tim WhatsApp. Mereka akan memproses pertanyaan kamu dan memberikan solusi terbaik.

Mengapa Akun WhatsApp Bisa Terhapus Tiba-tiba?

Akun WhatsApp Bisa Terhapus Tiba-tiba

Ketika kamu menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akunmu “Diblokir sementara” atau artinya akun WhatsApp terhapus, hal ini menandakan beberapa kemungkinan yang perlu kamu ketahui:

  1. Pertama, mungkin saja kamu menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kamu beralih ke aplikasi WhatsApp resmi agar akunmu tetap aman dan terhindar dari pemblokiran permanen.
  2. Selain itu, jika kamu sedang terlibat dalam kegiatan pengerukan (scraping) informasi, ini juga dapat menyebabkan akunmu diblokir atau hilang sementara.

Menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi ini dapat membahayakan keamanan dan keselamatanmu, dan WhatsApp sebagai penyedia layanan tidak mendukung penggunaannya.

Baca Juga: R7 Казино

Beberapa risiko yang mungkin kamu hadapi jika menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi adalah sebagai berikut:

  1. Tidak ada jaminan bahwa pesan, data, lokasi, atau file yang kamu bagikan akan tetap privat dan aman. Keamanan informasi sangatlah penting, dan menggunakan aplikasi tidak resmi bisa mengorbankan privasimu.
  2. Penggunaan aplikasi WhatsApp tidak resmi dapat menyebabkan akunmu diblokir karena melanggar Ketentuan Layanan kami. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi resmi agar tetap dapat menikmati layanan WhatsApp dengan aman.

Untuk memastikan bahwa kamu memiliki akses penuh ke WhatsApp tanpa masalah, WhatsApp menyarankan untuk segera mengonfirmasi kembali nomormu di aplikasi resmi WhatsApp.

Kamu dapat mengunduh aplikasi WhatsApp dari situs web resmi di www.whatsapp.com/download.

Selain itu, penting juga untuk memahami apa itu pengerukan (scraping). Pengerukan adalah proses ekstraksi otomatis, yang dapat dilakukan dalam skala besar atau ditargetkan secara spesifik, dengan tujuan yang tidak diizinkan.

Saat informasi pengguna diekstraksi secara ilegal, termasuk nomor telepon, foto profil, dan status, hal ini jelas melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp.

Jadi, sebagai pengguna yang bijak, penting untuk menghindari kegiatan pengerukan ini demi menjaga integritas platform WhatsApp dan melindungi privasi setiap pengguna. Dengan demikian, kamu bisa terus menikmati pengalaman komunikasi yang aman dan menyenangkan di WhatsApp tanpa harus khawatir tentang masalah keamanan.

Kapan Jangka Waktu Akun WhatsApp Terhapus?

Jangka Waktu Akun WhatsApp Terhapus

Agar kamu bisa tetap aman dan privasimu terlindungi, WhatsApp memiliki kebijakan untuk menghapus akun yang tidak aktif selama 120 hari serta membatasi retensi data.

Akun WhatsApp yang tidak aktif artinya kamu belum pernah terhubung ke WhatsApp dalam jangka waktu tersebut.

Pastikan kamu terhubung ke Internet agar akun tetap aktif. Jika kamu membuka WhatsApp tanpa koneksi Internet, akunmu bisa menjadi tidak aktif.

Jangan khawatir tentang konten yang ada di perangkatmu sebelum akun dihapus, karena konten tersebut akan tetap aman hingga kamu secara aktif menghapus WhatsApp dari perangkat.

Selanjutnya, jika kamu mendaftarkan ulang WhatsApp di perangkat yang sama, konten lokal yang sebelumnya tersimpan akan kembali muncul seperti semula sebagai cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus.

WhatsApp sangat memahami pentingnya menjaga keamanan data dan privasi penggunnya, dan kebijakan ini dirancang untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi pengguna WhatsApp dalam menggunakan layanan yang ada.

Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang saat berkomunikasi dan berbagi momen-momen berharga dengan teman dan keluargamu melalui platform ini.

Simak selalu informasi-informasi lengkap lainnya seputar Android di Androhax!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like