Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Muncul Tiba-tiba dan Ganggu

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Muncul Tiba-tiba dan Ganggu

Jika ponsel Androidmu sering muncul iklan mengganggu, berikut adalah panduan rinci cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba yang akan kami sajikan.

Penyebab munculnya iklan pop-up pada perangkat Android bisa berasal dari aplikasi yang sebenarnya sering kamu gunakan dan pada dasarnya tidak berbahaya.

Di samping itu, beberapa program yang mungkin tidak diinginkan dapat pula menjadi sumber masalah, dan kadangkala sulit untuk ditemukan dan diidentifikasi secara akurat.

Dampak dari kondisi ini adalah seringnya iklan bermunculan tanpa henti.

Kami akan membahas semua opsi yang tersedia secara sistematis agar kamu dapat mengatasi situasi ini dengan baik.

Dengan mengikuti petunjuk cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba yang kami sajikan di bawah, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan iklan-iklan mengganggu pada perangkat Android milikmu.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Muncul Tiba-tiba

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba dan mengganggu pada perangkat Androidmu.

  1. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Muncul Tiba-tiba dengan Blokir Pop-up di Google Chrome

Google Chrome telah dilengkapi dengan pengamanan bawaan berupa pemblokir pop-up serta pemblokir iklan guna menangkal iklan yang mengganggu atau bahkan menyesatkan.

Langkah-langkah cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba berikut akan mengarahkan kamu untuk mengaktifkannya pada perangkat Androidmu.

  • Pertama, bukalah aplikasi Google Chrome di ponsel Android kamu.
  • Kemudian, pada pojok kanan atas, ketuk ikon tiga titik untuk membuka menu, dan dari sana pilih opsi “Pengaturan”.
  • Pada layar Pengaturan, lakukan guliran hingga kamu menemukan “Setelan Situs”, lalu pilih opsi tersebut.
  • Di dalam pengaturan ini, carilah dan masuklah ke bagian “Pop-up dan Pengalihan”, di mana kamu dapat mengaktifkan saklar terkait.
  • Kembali ke menu “Pengaturan Situs” dan pilih kali ini “Iklan”.
  • Di sini, kamu akan menemukan saklar untuk mengaktifkan pemblokiran iklan. Aktifkanlah saklar ini.
  • Namun, jika kamu berkeinginan untuk menjauhkan iklan saat menjelajahi internet, disarankan untuk menggunakan salah satu peramban web pihak ketiga yang ada di Android. Ini disebabkan oleh kenyataan bahwa Google Chrome tidak mendukung ekstensi pemblokir iklan di perangkat seluler.
  1. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Muncul Tiba-tiba dengan Cek Notifikasi Situs Google Chrome

Tidak jarang, notifikasi iklan yang berasal dari situs web di Google Chrome juga meresahkan karena seringkali mengirimkan sejumlah besar spam iklan.

Berikut adalah metode cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba dengan menonaktifkan notifikasi dari situs web yang kurang relevan:

  • Lakukan penekanan yang lebih lama pada ikon aplikasi Google Chrome, lalu pilih opsi “i” atau “Info Aplikasi” yang muncul.
  • Setelah masuk ke informasi aplikasi, carilah dan pilih opsi “Notifikasi”.
  • Dalam menu notifikasi, lakukan guliran hingga kamu menemukan “Semua Situs”.
  • Di bagian ini, kamu akan menemukan daftar situs web yang telah diberi izin untuk mengirim notifikasi, beserta jumlah notifikasi yang telah dikirimkan oleh masing-masing situs web dalam kurun waktu seminggu.
  • Lakukan langkah dengan bijak, nonaktifkan izin notifikasi untuk situs web yang kurang kamu kenali dari daftar tersebut. Dengan begitu, kamu akan meminimalkan gangguan yang diakibatkan oleh notifikasi iklan yang tidak diinginkan.
  1. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Muncul Tiba-tiba dengan Blokir Iklan

Menghadapi iklan yang muncul di layar utama perangkatmu memang bisa jadi lebih mengganggu daripada iklan yang muncul dalam peramban web atau bahkan di pusat notifikasi.

Jenis iklan yang bisa berupa spanduk lengkap ini muncul tidak peduli dalam aplikasi apa di ponsel atau tablet Androidmu.

Sistem operasi Android pada dasarnya memberikan izin kepada pengembang aplikasi untuk menampilkan konten “Di atas Aplikasi Lain” demi menjaga fungsi normalnya.

Terlepas dari sifatnya yang mendukung fungsi beberapa aplikasi dalam menampilkan gelembung obrolan atau mengidentifikasi panggilan masuk, beberapa pengembang aplikasi memanfaatkan izin ini untuk terus mengirimkan iklan di layar utama.

Apabila kamu mendapati iklan semacam ini, carilah nama aplikasi yang bertanggung jawab atas iklan tersebut yang muncul di layar berandamu.

Setelah berhasil mengidentifikasinya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba berikut untuk menonaktifkan izin tersebut.

  • Pertama, lakukan tekanan yang lebih lama pada ikon aplikasi yang bersangkutan, lalu pilih opsi “Info Aplikasi”.
  • Dalam layar informasi aplikasi, lakukan guliran hingga kamu menemukan opsi “Tampilkan di Atas Aplikasi Lain”.
  • Nonaktifkan saklar yang berhubungan dengan “Izinkan Tampilan di Atas Aplikasi Lain”.
  • Jika kamu merasa aplikasi tersebut tidak begitu penting bagi kamu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menghapusnya melalui layar info aplikasi yang sama.
  1. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Muncul Tiba-tiba dengan Nonaktifkan Notifikasi di Lock Screen

Penting untuk dicatat bahwa iklan tidak hanya muncul di layar utama, namun juga dapat mengintai hingga ke layar kunci perangkatmu.

Berikut adalah langkah-langkah cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba yang dapat kamu ikuti untuk menonaktifkan notifikasi di layar kunci pada tablet atau ponsel Android.

  • Pertama-tama, lakukan gerakan menggesek ke atas dari layar beranda perangkatmu untuk membuka laci aplikasi.
  • Dari laci aplikasi, pilih opsi “Pengaturan”.
  • Gulir ke bawah hingga kamu menemukan “Aplikasi dan Notifikasi”, lalu masuklah ke dalamnya.
  • Dalam menu “Notifikasi”, lanjutkan dengan menggulir lagi ke bawah hingga menemukan “Notifikasi di Layar Kunci”.
  • Dari sini, kamu dapat memilih opsi “Jangan Tampilkan Notifikasi” untuk menghentikan tampilan notifikasi di layar kunci perangkatmu.
  1. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Muncul Tiba-tiba dengan Langganan Aplikasi Premium

Pada dasarnya, para pengembang mengandalkan iklan sebagai sumber pendapatan untuk mendukung proses pengembangan aplikasi mereka.

Beberapa di antara mereka menawarkan opsi pembelian satu kali, sementara yang lain mempersembahkan pilihan langganan bulanan atau tahunan yang menghilangkan iklan sekaligus membuka fitur-fitur baru yang tersembunyi.

Contohnya, untuk mengatasi iklan tak dapat dihindari di platform streaming seperti YouTube dan Spotify, kamu diberikan pilihan untuk membeli langganan premium.

Penyebab Iklan Selalu Tampil di Layar Utama, Aplikasi, dan Layar Kunci Android

Sudah pernahkah kamu merasakan pengalaman iklan yang tetap muncul, baik di layar utama, dalam aplikasi, maupun di layar kunci perangkat Androidmu?

Tanpa keraguan, fenomena tersebut sangatlah mengganggu dan mereduksi kenyamanan dalam memanfaatkan ponsel pintar.

Inilah alasan yang memicu kemunculan iklan di berbagai bagian perangkat Androidmu.

  1. Aplikasi Bermuatan Iklan Bawaan

Sejumlah aplikasi gratis yang diperoleh dari Google Play Store sering kali dibekali dengan iklan bawaan.

Di sinilah pengembangnya memperoleh sumber pendapatan, sejalan dengan dukungan terhadap pengembangan serta pemeliharaan aplikasi tersebut.

Dalam kerangka ini, iklan akan hadir di dalam aplikasi atau bahkan muncul di layar utama dan layar kunci.

  1. Adware atau Malware

Adware merujuk pada jenis perangkat lunak yang secara otomatis menampilkan atau mengunduh iklan saat kita memanfaatkan aplikasi atau menjelajahi dunia maya.

Di sisi lain, malware merupakan bentuk perangkat lunak jahat yang berpotensi menimbulkan masalah keamanan dan performa perangkat kita.

Kedua jenis perangkat lunak ini dapat menjadi akar penyebab munculnya iklan yang tak diinginkan pada perangkat Android kita.

  1. Pemberitahuan dari Situs Web

Beberapa situs web meminta izin untuk mengirimkan pemberitahuan kepada kita, yang tak jarang berisi materi iklan atau promosi.

Seandainya kita mengizinkannya, pemberitahuan tersebut akan muncul di dalam area notifikasi dan bahkan dapat berujung pada penampilan di layar kunci.

  1. Perangkat yang Terinfeksi

Apabila perangkat kita terjangkit oleh virus atau malware, iklan yang tak diinginkan bisa timbul di berbagai bagian perangkat, mulai dari layar kunci, aplikasi, hingga layar utama.

Ini adalah konsekuensi negatif dari keberadaan ancaman tersebut.

Hati-hati dalam Pemasangan Aplikasi

Sangat disarankan untuk menghindari mengisi ponsel atau tablet Android kamu dengan aplikasi yang tidak relevan, peluncur aplikasi pihak ketiga, atau pun aplikasi yang mendapat peringkat bintang satu atau dua saja.

Perlu diperhatikan juga bahwa perangkat Android sebenarnya tidak membutuhkan aplikasi antivirus. Sebelum kamu memasang suatu aplikasi, bijaklah untuk membaca ulasan yang diberikan oleh pengguna lain terlebih dahulu.

Jika terdapat keluhan mengenai banyaknya iklan yang muncul, lebih baik kamu menjauh dari aplikasi tersebut atau mencari alternatif yang lebih baik.

Meskipun Google menyediakan fitur Google Play Protect yang bertujuan untuk meredam aplikasi berbahaya di Play Store, namun perlu diingat bahwa Google tidak memiliki kendali atas iklan yang muncul dalam aplikasi yang sudah terpasang.

Terdapat pilihan lain di mana pengguna dapat melakukan proses rooting pada ponsel Androidnya dan menginstal pemblokir iklan yang berlaku secara sistematis untuk cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba.

Tetapi, di sini perlu dilakukan dengan hati-hati, mengingat salah langkah selama proses rooting dapat mengakibatkan perangkat menjadi tidak berfungsi dan bahkan membatalkan garansi dari pabrik.

Jangan lupakan bahwa iklan juga mungkin mengandung pelacak yang bertugas menganalisis pola perilaku penelusuran pengguna dan mengumpulkan data pribadi tanpa persetujuan pemilik perangkat. Data yang terkumpul tersebut dapat dijual kepada perusahaan pihak ketiga untuk diolah demi mendapatkan keuntungan.

Dengan pertimbangan-pertimbangan seperti ini, diharapkan penjelasan mengenai cara menghilangkan iklan di HP Android yang muncul tiba-tiba dapat segera diimplementasikan.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan pengguna perangkat Android kenyamanan lebih saat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like