Cara Mengubah Nama Facebook di HP dengan Cepat dan Gampang

Cara Mengubah Nama Facebook di HP dengan Cepat dan Gampang

Sedang cari cara mengubah nama Facebook di HP? Bingung harus ke bagian mana untuk menggantinya? Artikel ini punya jawabannya untuk Anda!

Facebook memiliki kebebasan untuk memodifikasi dan mengelola seluruh informasi pribadi yang ditampilkan pada profil mereka, termasuk di dalamnya adalah nama profil yang menjadi identitas digital.

Proses cara mengubah nama Facebook ini dirancang dengan kemudahan akses, memungkinkan kamu untuk melakukannya melalui berbagai perangkat, termasuk smartphone yang telah terinstal aplikasi Facebook.

Dalam upaya untuk mempermudah pengguna, Facebook telah menyediakan cara mengubah nama Facebook yang sederhana dan terstruktur, yang dapat diakses melalui menu pengaturan akun.

Untuk melakukan perubahan ini, tahap demi tahap telah diatur agar pengalaman mengganti nama akun menjadi lebih lancar. Simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengubah Nama Facebook di HP

Cara mengubah nama facebook di HP bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti berikut ini:

  1. Cara Mengubah Nama Facebook di HP Android

Untuk kamu yang menginginkan perubahan ini dari HP Android, prosesnya pun lebih terjangkau.

Melalui aplikasi Facebook yang telah diunduh pada perangkat tersebut, kamu dapat mengikuti petunjuk cara mengubah nama Facebook berikut:

  • Ketuk ikon menu, yang biasanya ditandai dengan tiga garis horizontal, terletak di pojok kanan atas aplikasi Facebook.
  • Geser layar ke bawah dan pilih opsi “Pengaturan & Privasi”, dan setelahnya klik pada opsi “Pengaturan”.
  • Pilih “Informasi Pribadi dan Akun”, yang memberikan akses ke berbagai detail personal yang terkait dengan akun.
  • Dalam menu ini, temukan dan klik “Nama”, di mana pengguna dapat menginisiasi proses penggantian nama.
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan nama baru yang diinginkan untuk akun tersebut. Setelah selesai, klik “Tinjau Perubahan”.
  • Sebagai langkah keamanan, Facebook meminta pengguna untuk memasukkan kata sandi akun sebelum perubahan nama dapat disimpan. Klik “Simpan Perubahan” setelahnya, dan perubahan pun akan diimplementasikan.
  1. Cara Mengubah Nama Facebook di HP dari Facebook Lite

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi Facebook Lite, kamu dapat dengan mudah mengganti nama akunmu melalui langkah-langkah cara mengubah nama Facebook berikut:

  • Ketuk ikon menu yang ditandai dengan tiga garis horizontal, terletak di bagian kanan atas tampilan aplikasi Facebook Lite.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi “Pengaturan”.
  • Dalam menu pengaturan, pilih “Informasi Pribadi dan Akun”, dan klik pada bagian “Nama”.
  • Klik tombol “Edit” yang terletak di samping nama yang sedang kamu gunakan.
  • Isikan nama baru yang ingin kamu gunakan pada kolom yang disediakan, dan lanjutkan dengan mengklik “Tinjau Perubahan”.
  • Masukkan kata sandi untuk akun Facebookmu, lalu klik “Simpan Perubahan”. Dengan ini, proses perubahan nama selesai dan diterapkan pada akunmu.
  1. Cara Mengubah Nama Facebook sebelum 60 Hari

Selanjutnya, penting untuk kamu tahu bahwa setelah kamu mengganti nama di akun Facebook, kamu tidak akan dapat mengubahnya kembali dalam jangka waktu 60 hari.

Kebijakan ini diterapkan sebagai upaya untuk menjaga keamanan akun dan meminimalisir potensi penyalahgunaan, termasuk upaya penipuan yang mungkin terjadi.

Namun, jika kamu memerlukan perubahan nama sebelum masa 60 hari berakhir, misalnya karena kesalahan ketik atau kekeliruan dalam penulisan, berikut adalah cara mengubah nama Facebook yang bisa kamu coba:

  • Buka aplikasi Facebook pada perangkatmu.
  • Klik ikon menu hamburger yang terletak di sudut kanan atas layar.
  • Geser layar ke bawah hingga menemukan opsi “Settings & Privacy”, kemudian pilih “Settings”.
  • Pilih “Personal and Account Information”.
  • Klik opsi “Name”. Pada halaman ini, akan muncul informasi bahwa kamu tidak bisa mengganti nama dalam waktu 60 hari ke depan.
  • Klik opsi ‘Learn more’ atau ‘Pelajari Selengkapnya’.
  • Lengkapi formulir perubahan nama dengan informasi yang diminta.
  • Scroll ke bawah dan sertakan alasan mengapa kamu ingin mengganti nama. Selain itu, unggah juga foto identifikasi diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang menampilkan nama asli.
  • Setelah mengisi formulir, klik “Kirim”.
  • Setelahnya, kamu perlu menunggu persetujuan dari pihak Facebook. Waktu yang diperlukan bisa bervariasi, mungkin beberapa jam atau bahkan beberapa hari. Jika permohonanmu disetujui, perubahan nama akan segera diterapkan pada akunmu.
  1. Cara Mengubah Nama Facebook Tanpa Banding

Dengan memilih alasan yang sesuai dan mengikuti panduan yang diberikan, kamu dapat dengan mudah memperbarui identitas digitalmu.

Melalui langkah-langkah ini, Facebook memberikan opsi yang lebih cepat dan efisien bagi para penggunanya untuk mengelola informasi pada profil mereka.

Untuk cara mengubah nama akun Facebook tanpa perlu melakukan proses banding, ada beberapa langkah cara mengubah nama Facebook yang bisa kamu ikuti. Berikut adalah rinciannya:

  • Buka akun Facebook melalui browser bawaan pada perangkatmu, atau jika kamu menggunakannya, melalui aplikasi Opera Mini atau Google Chrome.
  • Setelah masuk ke akun, navigasikan menuju halaman peninjauan aktivitas Facebook. Hal ini bisa dilakukan dengan mengeklik opsi yang tersedia di menu atau tampilan profil.
  • Pada halaman peninjauan aktivitas tersebut, akan terdapat beberapa alasan yang dapat dipilih sebagai dasar perubahan nama. Contohnya, kamu bisa memilih opsi seperti “saya menemukan postingan acara atau pesan yang tidak saya buat”.
  • Setelah memilih alasan yang sesuai, klik tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan proses.
  • Di bagian ini, kamu akan menemukan tombol “Mulai” yang perlu kamu klik.
  • Langkah selanjutnya adalah kamu akan diarahkan ke halaman pratinjau. Tujuan dari tahap ini adalah menjaga keamanan akun dan memberikan kesempatan untuk memeriksa aktivitas terbaru yang ada pada akun Facebookmu.
  • Pilih opsi “Tinjauan” yang terletak pada bagian informasi nama serta tanggal lahir pada halaman tersebut.
  • Pada tahap ini, kamu akan menemukan berbagai opsi nama yang mungkin ingin kamu gunakan pada profil Facebookmu. Pilihlah salah satu di antaranya.
  • Setelah memilih nama yang diinginkan, klik tombol “Ubah Nama”.
  • Jika kamu merasa perlu atau ingin meningkatkan keamanan akun lebih lanjut, kamu juga dapat mengubah kata sandi pada tahap ini. Namun, jika tidak ada kebutuhan, cukup klik tombol “Lain Kali”.
  • Dengan menyelesaikan langkah-langkah di atas, proses perubahan nama akan selesai dan nama baru akan diterapkan pada akunmu.

Mengapa Nama Facebook Tidak Bisa Diganti?

Terdapat beberapa alasan yang mendasari mengapa kamu tidak dapat mengganti nama di akun Facebookmu, di antaranya:

  1. Nama Melanggar Kebijakan Facebook

Salah satu alasan yang mungkin menjadi hambatan adalah ketidaksesuaian dengan kebijakan nama yang telah ditetapkan oleh Facebook.

Kebijakan ini bertujuan untuk menjaga integritas dan konsistensi dalam identitas pengguna. Nama yang tidak mematuhi kebijakan ini akan ditolak.

Contohnya, Facebook melarang penggunaan simbol, angka, atau huruf besar yang tidak biasa, karakter berulang, serta tanda baca dalam nama.

Selain itu, nama juga tidak diperbolehkan untuk mencantumkan gelar atau informasi seperti agama atau keprofesian.

Kata-kata yang bisa menggantikan nama, atau yang memiliki sifat ofensif atau merujuk pada hal yang meragukan, juga dilarang.

  1. Nama Sudah Digunakan Orang Lain

Kedua, kemungkinan penyebab lainnya adalah bahwa nama yang ingin kamu gunakan sudah digunakan oleh pengguna lain.

Facebook memastikan bahwa setiap nama unik untuk setiap akun guna mencegah kebingungan dan pelanggaran hak cipta.

Oleh karena itu, jika nama yang kamu pilih telah digunakan oleh akun lain, kamu tidak akan dapat menggunakannya.

  1. Tidak Sesuai Dokumen Identitas Resmi

Ketiga, nama yang kamu inginkan juga harus sesuai dengan informasi yang terdapat pada dokumen identitas resmi yang terdaftar di Facebook.

Ada kalanya Facebook meminta pengguna untuk mengonfirmasi keaslian nama mereka dengan mengunggah salinan dokumen identifikasi.

Jika nama baru yang ingin kamu gunakan tidak sejalan dengan nama pada dokumen identifikasi yang kamu berikan kepada Facebook, permintaan perubahan nama akan ditolak.

  1. Ada Batasan Periode 60 Hari

Terakhir, Facebook memberlakukan batasan periode 60 hari untuk mengubah nama akun.

Ini berarti bahwa jika kamu telah mengubah nama akun dalam waktu 60 hari terakhir, kamu harus menunggu hingga batas waktu ini berakhir sebelum dapat melakukan perubahan nama sekali lagi.

Kebijakan ini diterapkan untuk mencegah penyalahgunaan serta perubahan nama yang berlebihan.

Dengan memahami berbagai alasan ini, kamu akan lebih terinformasi tentang kendala-kendala yang mungkin kamu hadapi ketika ingin mengganti nama di akun Facebookmu.

Ini adalah upaya Facebook untuk menjaga kualitas dan integritas pengalaman pengguna di platform mereka, serta untuk melindungi identitas dan privasi setiap pengguna.

Akhir Kata

Secara kesimpulan, artikel telah menguraikan secara mendetail tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk cara mengubah nama akun Facebook melalui perangkat HP.

Dari penggunaan aplikasi Facebook maupun Facebook Lite pada perangkat Android, hingga penjelasan mengenai batasan perubahan nama dalam jangka waktu 60 hari.

Penting untuk diingat bahwa sederet aturan dan kebijakan yang dijelaskan, seperti kepatuhan terhadap standar kebijakan nama, kerahasiaan kata sandi, dan persyaratan tanda pengenal, memiliki peran signifikan dalam menghadirkan pengalaman yang aman dan terintegrasi bagi para pengguna.

Dengan memahami langkah cara mengubah nama Facebook ini, pengguna dapat dengan percaya diri mengelola identitas digital mereka di platform Facebook melalui perangkat HP dengan pemahaman yang lebih baik dan terinformasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like