5 Cara Scan Barcode di Android: Asal Ada HP dan Internet, Mudah!

5 Cara Scan Barcode di Android: Asal Ada HP dan Internet, Mudah!
Cara Scan Barcode di Android

Kamu tentu sudah tak asing dengan barcode atau kode batang, bukan? Kode ini seringkali muncul di berbagai media yang bisa kita jumpai di kehidupan sehari-hari, mulai dari kemasan makanan, struk belanja, atau kini bahkan untuk mengakses menu di restoran.

Selama ini anggapanmu kalau untuk scan barcode perlu menggunakan alat khusus. Tapi tahukah kamu bahwa cara scan barcode di Android juga bisa kamu lakukan, lho! Asal ada HP Android yang terhubung ke internet, kamu bisa melakukan pemindaian dari kode batang ini.

Tapi bagaimana cara scan barcode di Android ini? Apakah hal ini bisa dilakukan untuk perangkat HP Android tertentu? Atau harus meng-install aplikasi tambahan? Cari tahu selengkapnya di sini!

Cara Scan Barcode di Android

Melakukan cara scan barcode di Android sebenarnya cukup mudah, karena esensi penggunaannya ada pada ‘kamera’ yang tersedia di perangkan Android kamu.

Kalau kamu butuh untuk melakukan pemindaian barcode dan kebetulan sedang memegang HP Android kamu saja, berikut adalah cara scan barcode di Android yang bisa kamu lakukan:

  1. Cara Scan Barcode di Android via Google Lens

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan scan barcode di perangkat Androidmu adalah melalui Google Lens, sebuah fitur canggih yang tersedia di Google Chrome.

Untuk memulainya, pilih perangkat yang ingin kamu gunakan dan pastikan kamu sudah masuk ke Akun Google di perangkat tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah praktis untuk melakukan scan barcode di Android menggunakan Google Lens:

  1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Androidmu.
  2. Di halaman utama Google, cukup ketuk ikon kamera yang merupakan tombol Google Lens.
  3. Setelah itu, beri izin untuk mengakses Galeri perangkatmu.
  4. Selanjutnya, ketuk opsi “Menelusuri dengan kamera”.
  5. Arahkan kamera perangkatmu ke QR code yang ingin kamu scan.
  6. Tunggu sejenak hingga proses scanning selesai.

Namun, Google Lens tidak hanya memiliki fitur scan barcode, tetapi juga memiliki kemampuan lain yang menarik. Misalnya, kamu dapat langsung melakukan scan QR code langsung dari galeri perangkatmu.

Caranya cukup mudah, buka aplikasi Google Foto, lalu ketuk ikon Google Lens. Tunggu sebentar hingga proses pemindaian selesai, dan hasilnya akan segera tersedia.

Dengan menggunakan Google Lens, kamu bisa dengan mudah menjelajahi dan memanfaatkan berbagai informasi yang terkandung dalam barcode atau QR code.

Hal ini dapat sangat bermanfaat dalam berbagai situasi, seperti mengakses tautan, mengambil informasi kontak, atau memperoleh detail produk dengan cepat dan efisien.

  1. Cara Scan Barcode di Android dari Google Assistant

Mau tahu cara praktis untuk melakukan scan barcode di perangkat Androidmu menggunakan Google Lens?

Google Assistant hadir dengan fitur andal yang memungkinkanmu melakukan cara scan barcode di Android via Google Lens dengan mudah dan ‘canggih’. Inilah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, untuk membuka Google Assistant, cukup tekan lama tombol beranda atau tombol “home” di ponselmu. Alternatifnya, kamu juga bisa langsung membuka Google Assistant melalui ikon aplikasinya.
  2. Setelah masuk ke Google Assistant, langkah selanjutnya adalah mengakses Google Lens. Caranya, cukup klik tombol khusus untuk Google Lens. Jika ini adalah kali pertamamu menggunakan Google Lens, kamu akan diminta untuk mengaktifkannya dan memberikan izin penggunaan kamera terlebih dahulu.
  3. Begitu Google Lens aktif, sekarang kamu siap untuk memulai proses scan barcode. Arahkan kamera perangkatmu ke barcode yang ingin kamu scan. Jika terjadi kesulitan dalam scanning, tidak perlu khawatir, kamu dapat mengetuk layar untuk memfokuskan gambar barcode hingga terlihat jelas. Setelah proses scanning selesai, informasi atau isi dari barcode tersebut akan segera muncul.
  1. Cara Scan Barcode di Android via Situs webqr.com

Jika kamu mencari alternatif lain untuk melakukan scan barcode di perangkat Androidmu, coba gunakan browser Chrome dan kunjungi situs webqr.com. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang dapat kamu lakukan:

  1. Pertama, buka aplikasi browser di ponselmu dan akses situs webqr.com.
  2. Ketika situs terbuka, kamu akan diminta untuk memberikan izin akses kamera. Cukup ketuk “Allow” untuk mengaktifkan kamera pada ponselmu.
  3. Selanjutnya, arahkan kamera perangkatmu ke QR Code yang ingin kamu scan. Pastikan gambar QR Code terlihat jelas dalam layar kamera.
  4. Di bagian bawah layar kamera, kamu akan melihat munculnya tautan yang berisi informasi terkait QR Code tersebut. Cukup ketuk tautan tersebut untuk dengan cepat mengakses informasi yang diinginkan.

Dengan menggunakan browser Chrome dan situs webqr.com, proses scan barcode menjadi lebih praktis dan efisien. Kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan karena semuanya dapat dilakukan melalui browser yang sudah ada pada perangkatmu.

Melalui cara ini, kamu bisa dengan mudah mengeksplorasi berbagai informasi yang tersembunyi dalam QR Code. Misalnya, mengakses situs web, mendapatkan promo menarik, atau membaca ulasan produk secara instan.

Selain itu, penggunaan browser Chrome juga menjamin pengalaman yang aman dan terpercaya saat menjelajahi dunia internet.

  1. Cara Scan Barcode di Android dari Xiaomi via Mi Scanner

Bagi para pengguna Xiaomi, cara scan barcode di Android dari HP Xiaomi dapat menggunakan aplikasi pemindai bawaan yang telah tersedia dengan mudah pada perangkat Xiaomi-mu.

Aplikasi ini dapat kamu temukan di menu Alat dengan nama “Pemindai” atau “Mi Scanner”.

Proses penggunaannya sangat sederhana dan mirip dengan menggunakan kamera biasa. Berikut adalah langkah-langkah praktis yang bisa kamu ikuti:

  1. Pertama, buka Aplikasi Pemindai yang sudah terpasang di perangkatmu.
  2. Selanjutnya, arahkan kamera pemindai ke Barcode yang ingin kamu scan.
  3. Alternatifnya, kamu juga dapat mengakses menu Galeri untuk mencari barcode yang sudah terfoto sebelumnya.
  4. Tunggu sejenak hingga aplikasi pemindai bekerja dan melakukan proses scanning.
  5. Setelah berhasil, akan muncul data optik yang berisi informasi dari barcode yang telah berhasil di-scan.

Dengan melakukan proses scan menggunakan aplikasi pemindai ini, QR Code yang telah terpindai akan menghadirkan berbagai informasi berguna, mulai dari detail produk, mengunjungi situs web tertentu, hingga memudahkan pembayaran melalui aplikasi seperti OVO, Gopay, dan layanan pembayaran elektronik lainnya.

  1. Cara Scan Barcode di Android via QR Code Samsung Scanner

Untuk mempermudah cara scan barcode di Android, Samsung telah menyediakan fitur QR code scanner yang terintegrasi di seluruh perangkat pintar mereka.

Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah membaca kode QR untuk mengakses berbagai hal, seperti halaman situs, mengirim pesan, dan masih banyak lagi. Berikut langkah-langkah praktis untuk memindai kode QR menggunakan QR Scanner:

  1. Pertama, akses menu Quick Setting dengan melakukan geser/swipe ke bawah pada panel notifikasi. Selanjutnya, pilih opsi “Scan QR Code”.
  2. Setelah fitur QR Scanner aktif, tinggal arahkan ponselmu ke kode QR yang ingin kamu scan.
  3. Selanjutnya, pilih jenis informasi yang ingin kamu akses dari kode QR tersebut, seperti “Open in Browser”, “Copy”, “Search Web”, atau “View Full Text”.

Jika kamu ingin memindai kode QR dari galeri foto, berikut langkah-langkahnya:

  1. Sama seperti sebelumnya, akses menu Quick Setting dengan cara yang sama. Kemudian buka aplikasi kamera ponselmu dan ketuk ikon “Gallery”.
  2. Pilih “Select QR Code Image” pada galeri dan selesaikan dengan mengetuk “Done”.

Dengan langkah-langkah tersebut, ponselmu akan menggunakan Bixby Vision untuk memindai kode QR dari gambar dan memberikanmu akses ke informasi yang terkandung dalam kode QR tersebut.

Fitur QR Scanner ini sangat membantu dalam mempercepat akses informasi dan memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari. Kamu dapat dengan cepat mengakses tautan web, mendapatkan kontak, atau mengeksplorasi berbagai promo menarik dengan hanya menggunakan kamera ponselmu.

Menggunakan fitur ini, Samsung telah menunjukkan komitmennya dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memperkaya perangkat pintarmu dengan kemudahan teknologi modern.

  1. Cara Scan Barcode di Android via Aplikasi QR & Barcode Scanner

Jika kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi eksternal sebagai cara scan barcode di Android-mu, ada pilihan menarik bernama “QR & Barcode Scanner” yang dapat kamu unduh:

  1. Pertama, bukalah aplikasi Google Play Store.
  2. Selanjutnya, cari aplikasi “QR & Barcode Scanner” di toko aplikasi yang sesuai.
  3. Tunggu proses unduh dan instalasi aplikasi hingga selesai. Setelah selesai, buka aplikasi “QR & Barcode Scanner” tersebut.
  4. Saat pertama kali menggunakan aplikasi, kamu akan diminta untuk memberikan izin akses kamera pada perangkat-mu. Pastikan untuk memberikan izin tersebut agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik.
  5. Setelah izin diberikan, arahkan kamera HP-mu ke QR code atau barcode yang ingin kamu scan.
  6. Secara instan, informasi atau tautan tujuan dari QR code atau barcode akan muncul dalam bentuk pop-up di layar ponselmu.

Menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner memungkinkan kamu untuk dengan mudah mengeksplorasi dan mengakses berbagai informasi yang tersembunyi dalam kode QR maupun barcode.

Aplikasi ini memberikan kenyamanan dan kepraktisan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari mengunjungi tautan web hingga mendapatkan informasi produk dengan cepat dan akurat.

Apakah Semua HP Android Memiliki Aplikasi Scan Barcode Bawaan?

Apakah Semua HP Android Memiliki Aplikasi Scan Barcode Bawaan

Tidak semua HP Android memiliki aplikasi bawaan untuk melakukan scan barcode. Namun, jangan khawatir, baik HP Android maupun iPhone memiliki aplikasi pembaca barcode yang dapat membantu.

Beberapa model atau varian perangkat mungkin memerlukan bantuan dari aplikasi tambahan untuk melakukan scan barcode.

Jika HP Android-mu tidak memiliki aplikasi bawaan untuk scan barcode, jangan kecewa, karena masih ada solusi yang praktis untuk melakukan hal tersebut.

Kamu dapat memanfaatkan fitur bawaan dari HP Android, yaitu Google Lens, untuk melakukan cara scan barcode di Android dengan mudah dan cepat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pemindai barcode yang tersedia di situs web melalui browser di HP-mu.

Google Lens merupakan salah satu fitur unggulan yang bisa kamu andalkan, karena memiliki kemampuan mendeteksi dan mengidentifikasi informasi dari barcode secara instan.

Dengan Google Lens, kamu dapat dengan cepat membuka tautan web, mengakses informasi produk, atau bahkan menemukan ulasan tentang suatu produk dengan sekali jepret.

Jika alternatif menggunakan Google Lens tidak memungkinkan atau tidak tersedia di HP-mu, pilihan lainnya adalah menggunakan aplikasi pemindai barcode yang dapat diakses melalui situs web.

Dengan cara scan barcode di Android ini, kamu tetap dapat melakukan scan barcode dengan mudah tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

Dengan berbagai pilihan yang ada, kamu bisa dengan leluasa memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kehidupan sehari-harimu, karena saat ini berbagai aspek di kehidupan keseharian kita kerap kali bersinggungan dengan ‘kode-kode batang’ ini.

Nantikan informasi-informasi lengkap lainnya seputar Android di Androhax!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like