Ini Cara Cek Garansi Xiaomi, Agar Tak Kena Tipu!

Ini Cara Cek Garansi Xiaomi, Agar Tak Kena Tipu!

Sudah beli HP Xiaomi baru dan ingin tahu bagaimana cara cek garansi Xiaomi? Artikel ini punya panduan lengkap caranya untuk kamu!

Dalam era teknologi yang semakin maju, memiliki Smartphone yang berkualitas dan memiliki garansi adalah kebutuhan.

Xiaomi, salah satu produsen Smartphone terdepan di dunia, tentu saja tidak terkecuali.

Tidak jarang banyak pengguna Xiaomi yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara cek garansi Xiaomi, terutama mengingat Xiaomi memiliki kebijakan khusus dalam memberikan garansi kepada para konsumennya.

Mereka menekankan pentingnya membawa ponsel yang mengalami masalah ke Service Center terdekat untuk mendapatkan pelayanan garansi yang sesuai.

Bagi kamu yang memang berencana untuk membeli Smartphone Xiaomi, penting untuk memastikan bahwa produk yang kamu beli adalah produk resmi.

Mengapa demikian? Sebab, Xiaomi hanya memberikan layanan garansi untuk produk yang resmi saja.

Artinya, jika seseorang tanpa sengaja atau tidak sengaja membeli produk Xiaomi yang tidak resmi, maka mereka tidak akan mendapatkan hak klaim garansi jika terjadi kerusakan pada ponsel tersebut.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Lalu, bagaimana sebenarnya cara cek garansi Xiaomi yang tepat?

Sejatinya, Xiaomi menyediakan beberapa metode yang bisa digunakan oleh para penggunanya untuk mengecek status garansi ponsel yang mereka miliki.

Untuk kamu yang masih awam atau belum tahu bagaimana caranya, tidak perlu khawatir.

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai cara cek garansi Xiaomi yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli ponsel tersebut.

  1. Cara Cek Garansi Xiaomi dari Kemasan HP-nya

Dalam membeli sebuah ponsel, terutama merek ternama seperti Xiaomi, memastikan keotentikan garansinya adalah langkah penting yang sering diabaikan.

Nah, bagaimana cara cek garansi Xiaomi dengan mudah dan pasti?

Salah satu metode paling sederhana adalah dengan memeriksa kemasan HP tersebut.

Ketika kamu memegang kotak kemasan ponsel Xiaomi, salah satu tanda pertama yang menunjukkan bahwa produk tersebut resmi adalah adanya stiker TAM.

Stiker ini bukan sembarang stiker. TAM, yang merupakan singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri, adalah salah satu distributor resmi Xiaomi di tanah air.

Oleh karena itu, keberadaan stiker ini menjadi indikator awal bahwa kamu memegang produk yang asli dan mendapat garansi resmi di Indonesia.

Namun, jangan berhenti hanya pada stiker TAM.

Ada tanda lain yang juga menunjukkan keotentikan produk.

Pada kemasannya, kamu juga akan menemukan nama PT Sat Nusapersada Tbk. Perusahaan ini berbasis di Batam, Kepulauan Riau, dan keberadaannya dalam kemasan menunjukkan bahwa handphone tersebut dirakit secara resmi di Indonesia.

Ini berbeda dengan hp Xiaomi yang memiliki garansi distributor, yang biasanya hanya akan mencantumkan label ‘Made In China’ tanpa rincian tambahan lainnya.

Selain itu, saat membuka kemasan, kamu akan diberi sambutan dengan buku panduan dan informasi pusat layanan yang semuanya tertulis dalam bahasa Indonesia, menambah bukti otentisitas produk tersebut.

  1. Cara Cek Garansi Xiaomi dari Periksa IMEI

Cek garansi Xiaomi tidak hanya bisa dilakukan melalui kemasannya saja, namun ada cara lain yang lebih teknis namun efektif, yaitu melalui pemeriksaan IMEI.

IMEI, atau International Mobile Equipment Identity, adalah sebuah kode unik yang menjadi identitas dari setiap smartphone.

Ini adalah semacam ‘sidik jari’ bagi setiap ponsel yang memastikan tiap unit memiliki identifikasi tersendiri.

Di Indonesia, IMEI dari tiap smartphone, termasuk Xiaomi, harus terdaftar pada database yang dikelola oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pendaftaran IMEI ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam mengatur peredaran smartphone resmi di Indonesia dan mencegah peredaran ponsel ilegal atau black market.

Jadi, bagaimana cara mengecek IMEI di ponsel Xiaomi?

Prosedurnya sederhana. Kamu hanya perlu membuka aplikasi telepon atau dial pad pada smartphone kamu, kemudian ketik kode *#06#.

Seketika itu juga, nomor IMEI akan muncul di layar smartphone kamu. Pastikan untuk mencatat atau memfoto nomor tersebut agar tidak lupa.

Langkah cek garansi Xiaomi selanjutnya adalah verifikasi. Dengan menggunakan browser di smartphone atau komputer, kamu bisa mengunjungi situs resmi Kemenperin yaitu https://imei.kemenperin.go.id/.

Di sana, akan ada kolom pencarian khusus untuk memasukkan nomor IMEI yang barusan kamu catat.

Setelah memasukkan nomor IMEI dan mengklik tombol pencarian, informasi terkait ponsel akan ditampilkan.

Jika muncul informasi bahwa IMEI tersebut telah terdaftar, itu menandakan bahwa ponsel Xiaomi yang kamu pegang adalah produk resmi yang terdaftar dan diakui oleh pemerintah Indonesia.

  1. Cara Cek Garansi Xiaomi dari Jenis Charger-nya

Salah satu ciri khas yang membedakan antara ponsel Xiaomi garansi resmi dan garansi distributor adalah komponen pendukung yang diberikan dalam paket pembelian, salah satunya adalah jenis charger.

Saat membeli ponsel, komponen seperti charger seringkali dianggap sepele, namun ternyata bisa menjadi indikator penting dalam cek garansi Xiaomi.

Ketika kamu membeli ponsel Xiaomi dengan garansi distributor, ada kemungkinan charger yang diberikan memiliki desain yang bukan standar Indonesia.

Dari pengamatan, charger jenis ini biasanya berbentuk lebih pipih atau mungkin malah memiliki tiga kaki.

Hal ini bisa menyulitkan kamu, karena untuk menggunakannya di Indonesia, kamu mungkin perlu tambahan alat seperti adapter khusus atau converter agar bisa dicolokkan ke stop kontak listrik.

Sebaliknya, jika kamu membeli ponsel Xiaomi dengan garansi resmi di Indonesia, charger yang kamu terima biasanya sudah disesuaikan dengan standar listrik di Indonesia.

Charger ini memiliki dua kaki bulat yang secara langsung dapat dicolokkan ke stop kontak tanpa memerlukan alat tambahan.

Keberadaan charger standar ini tentu saja memudahkan konsumen dan menghindari potensi risiko yang mungkin ditimbulkan oleh penggunaan adapter tambahan.

Jadi, walaupun mungkin terdengar sederhana, memperhatikan detail seperti jenis charger yang kamu terima saat membeli ponsel Xiaomi bisa memberikan informasi penting tentang cek garansi Xiaomi yang kamu beli, apakah garansi resmi atau distributor.

Dengan demikian, kamu bisa lebih yakin dengan keputusan pembelianmu dan mendapatkan kepastian akan kualitas serta layanan yang diberikan.

  1. Cara Cek Garansi Xiaomi secara Online

Menghadapi era digital yang serba canggih, Xiaomi, salah satu brand smartphone ternama, menyediakan layanan online khusus untuk memudahkan konsumen dalam cek garansi Xiaomi.

Layanan ini merupakan solusi praktis, terutama bagi mereka yang ingin memastikan keotentikan garansi ponsel Xiaomi yang dimiliki.

Alat ini dapat diakses melalui situs web khusus Xiaomi di http://buy.mi.com/id/registration.

Ketika kamu mengunjungi situs tersebut, yang pertama kali kamu lihat adalah kolom yang meminta kamu untuk memasukkan nomor IMEI ponsel.

Ini adalah langkah awal dalam proses verifikasi. Jika kamu belum mengetahui nomor IMEI ponselmu, kamu bisa mendapatkannya dengan cara yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Setelah memasukkan nomor IMEI dengan benar, situs akan memproses informasi tersebut. Tidak butuh waktu lama, informasi terkait distributor yang memberikan garansi akan ditampilkan.

Salah satu nama distributor yang mungkin muncul adalah Erajaya. Jika kamu melihat nama ini, itu adalah indikator bahwa ponsel Xiaomi yang kamu miliki memiliki garansi resmi di Indonesia.

Namun, jika yang muncul adalah tulisan “China” atau informasi lain yang menunjukkan asal negara lain, kemungkinan besar ponsel tersebut adalah produk non-resmi atau barang impor langsung dari negara asalnya.

Dengan layanan cek garansi online ini, Xiaomi memberikan kemudahan dan kepastian bagi konsumennya dalam memastikan bahwa produk yang dibeli benar-benar mendapatkan dukungan garansi yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Ini menjadi salah satu bentuk komitmen Xiaomi dalam menjaga kepercayaan dan kenyamanan konsumennya di tanah air.

Cara Klaim Garansi Xiaomi

Penting bagi setiap pengguna smartphone untuk mengetahui bagaimana cara klaim garansi ketika mengalami masalah dengan perangkat mereka.

Merek-merek smartphone terkemuka, termasuk Xiaomi, memberikan pelayanan setelah penjualan untuk memastikan kepuasan konsumennya dan meminimalisir potensi mereka beralih ke merek lain.

Ketika smartphone Xiaomi mengalami kerusakan dan masih dalam periode garansi, langkah pertama yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna adalah mendatangi service center Xiaomi terdekat.

Sebagai salah satu brand yang tengah berupaya memperkuat pijakannya di Indonesia, Xiaomi tentunya memberikan pelayanan yang terbaik melalui staf profesional mereka di setiap service center.

Banyaknya variasi produk dari Xiaomi, seperti Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, Mi 10T, Poco X3, Poco M3, dan Xiaomi Mi 11, menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan produk berkualitas.

Meskipun demikian, kerusakan pada smartphone bisa saja terjadi, baik itu karena kesalahan pengguna, kecelakaan, atau bahkan karena isu produksi.

Bagi kamu yang ingin klaim garansi TAM Xiaomi, prosesnya cukup sederhana. Pertama-tama, pastikan kamu memiliki kartu garansi yang masih berlaku.

Dengan kartu ini, kamu tidak akan dikenakan biaya perbaikan. Namun, penting untuk memahami bahwa tidak semua kerusakan ditanggung oleh garansi.

Ada beberapa syarat dan kondisi yang harus dipenuhi.

Beberapa langkah yang harus kamu lakukan antara lain:

  1. Siapkan nota pembelian.
  2. Hubungi service center Xiaomi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih detail.
  3. Pastikan bahwa garansi yang kamu miliki berlaku khusus untuk Indonesia.
  4. Xiaomi mungkin akan melakukan serangkaian pengujian pada produkmu untuk menentukan sumber masalah.
  5. Saat menghubungi service center, siapkan beberapa detail seperti model smartphone, nomor serial, nomor IMEI, alamat lengkap, dan tentu saja nota pembelian.

Namun, perlu diingat bahwa garansi mungkin tidak berlaku untuk beberapa kondisi, seperti kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna, kerusakan estetika seperti retakan atau goresan, serta kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan tidak normal atau perawatan umum.

Untuk detail lebih lengkap mengenai klaim garansi dan syarat-syarat yang berlaku, kamu bisa mengunjungi website resmi Xiaomi di https://www.mi.co.id/id/service/.

Di sana, informasi lebih rinci disediakan untuk memastikan kamu mendapatkan pelayanan terbaik dari Xiaomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like