Ini Cara Daftar IMEI yang Terblokir di HP

Ini Cara Daftar IMEI yang Terblokir di HP

Menghadapi situasi di mana Hp mengalami pemblokiran IMEI tentu sangat mengganggu, sehingga banyak yang mencari tahu cara daftar IMEI yang terblokir.

Perangkat yang seharusnya menjadi alat komunikasi utama tiba-tiba menjadi tidak berfungsi. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan IMEI bisa terblokir?

Pemblokiran IMEI bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satu penyebab utama, khususnya di Indonesia, adalah pemberlakuan aturan IMEI oleh pemerintah.

Aturan ini diterapkan untuk memastikan bahwa setiap perangkat seluler yang beredar di Indonesia adalah perangkat yang masuk secara legal.

Dengan kata lain, perangkat yang masuk ke Indonesia melalui jalur ilegal atau yang dikenal dengan Black Market (BM) akan mengalami pemblokiran IMEI.

Hal ini dilakukan oleh provider atas permintaan dari pemerintah untuk memastikan keamanan dan kualitas perangkat yang beredar di masyarakat.

Cara Cek IMEI Terblokir atau Tidak

Bagi kamu  yang ingin memastikan status IMEI Hp kamu terblokir atau tidak, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyediakan laman khusus untuk pengecekan.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Buka browser dan akses laman https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia, kemudian tekan Enter.
  3. Jika perangkat tersebut resmi, akan muncul notifikasi “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.
  4. Sebaliknya, jika perangkat tersebut berasal dari Black Market, notifikasi yang muncul adalah “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin”.
  5. Penting untuk dicatat bahwa perangkat yang tidak terdaftar di Kemenperin (khususnya pembelian setelah 18 April 2020) akan otomatis tidak mendapatkan layanan seluler dari operator. Hal ini berarti perangkat tersebut tidak dapat digunakan untuk telepon, SMS, atau mengakses internet melalui jaringan seluler dan hanya dapat menggunakan akses Wifi.

Namun, untuk kamu yang telah membeli perangkat dengan IMEI terblokir, tidak perlu khawatir.

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk membuka blokir tersebut, meskipun tentunya memerlukan proses dan pertimbangan lebih lanjut.

Cara Daftar IMEI yang Terblokir

Menghadapi situasi di mana IMEI perangkat seluler terblokir tentu menjadi masalah yang cukup merepotkan.

Namun, ada solusi cara daftar IMEI yang terblokir yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah ini.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk cara mendaftar IMEI yang terblokir, baik untuk perangkat Android maupun iPhone:

  1. Mengunjungi Situs Bea Cukai

Sebagai langkah cara daftar IMEI yang terblokir paling awal, kunjungi situs resmi Bea Cukai. Di sana, pengguna akan menemukan formulir khusus untuk pendaftaran IMEI.

  1. Pendaftaran IMEI

Setelah mengakses situs, isi formulir pendaftaran dengan data-data yang diperlukan untuk cara daftar IMEI yang terblokir.

Pastikan semua informasi yang dimasukkan adalah akurat dan sesuai dengan data perangkat yang dimiliki.

  1. Konfirmasi Registrasi

Setelah proses pendaftaran selesai, pengguna akan menerima konfirmasi berupa kode QR dan nomor registrasi sebagai cara daftar IMEI yang terblokir.

Simpan baik-baik informasi ini karena akan diperlukan pada langkah selanjutnya.

  1. Kunjungan ke Kantor Bea Cukai

Dengan membawa bukti pendaftaran berupa kode QR dan nomor registrasi sebagai cara daftar IMEI yang terblokir, kunjungi kantor Bea Cukai terdekat.

Di sana, pengguna akan diminta untuk meminta persetujuan pembukaan IMEI.

  1. Pembayaran Pajak

Jika permohonan disetujui, pengguna akan diberikan informasi mengenai besaran pajak yang harus dibayar sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Setelah pembayaran dilakukan, perangkat seluler tersebut kembali dapat digunakan dengan normal.

Sebagai catatan tambahan, sebelum melakukan langkah-langkah di atas, disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab IMEI terblokir.

Hal ini penting agar pengguna dapat memahami dan mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Catatan Tambahan untuk Cara Daftar IMEI yang Terblokir

Dalam upaya pemerintah untuk mengatur peredaran perangkat seluler di Indonesia, implementasi pemblokiran dan pendaftaran IMEI telah dilakukan.

Namun, seiring dengan pelaksanaannya, muncul beberapa fenomena yang menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa jaringan pada smartphone non-resmi mereka tiba-tiba hilang, meskipun perangkat tersebut telah digunakan sebelum tanggal 15 September, saat peraturan resmi diberlakukan.

Ada laporan yang menyebutkan hilangnya sinyal pada tanggal 16 September, sementara ada juga yang mengatakan bahwa pada tanggal 17 September, sinyal kembali normal.

Penyebab dari fenomena ini belum dapat dipastikan. Ada kemungkinan pemerintah sedang melakukan penyesuaian pada database IMEI.

Untuk memastikan status IMEI perangkat, pemerintah menyarankan masyarakat untuk melakukan pengecekan melalui situs resmi Kemenperin.

Selain itu, beberapa operator seluler lokal juga menyediakan layanan pengecekan IMEI yang lebih praktis.

Misalnya, pengguna Telkomsel dapat langsung mengakses kode USSD 3371# untuk mengetahui status IMEI perangkat mereka.

Sementara itu, pengguna XL dapat menggunakan kode 123817#. Harap dicatat bahwa layanan ini hanya bertujuan untuk mengecek status IMEI, bukan untuk proses registrasi.

Bagi wisatawan asing yang datang ke Indonesia, pemerintah telah menyiapkan solusi khusus. Mereka dapat memperoleh kartu SIM khusus yang memiliki masa berlaku hingga 90 hari.

Untuk mendapatkan kartu SIM ini, wisatawan hanya perlu mendatangi gerai operator seluler lokal tanpa perlu melakukan registrasi tambahan di Bea Cukai.

Ini tentunya memudahkan wisatawan dalam berkomunikasi selama berada di Indonesia.

Akhir Kata

Dalam era digital saat ini, regulasi terkait IMEI menjadi salah satu langkah strategis yang diambil pemerintah Indonesia untuk mengatur peredaran perangkat seluler dan memastikan keamanan serta kualitas perangkat yang beredar di masyarakat.

Meskipun implementasi pemblokiran dan pendaftaran IMEI menimbulkan beberapa fenomena yang membingungkan bagi sebagian pengguna, langkah ini diharapkan dapat memberikan jaminan keaslian perangkat dan mengurangi peredaran perangkat ilegal.

Untuk itu, penting bagi para pengguna HP dalam memahami bagaimana cara daftar IMEI yang terblokir.

Selain itu, dengan adanya layanan pengecekan IMEI yang disediakan oleh operator seluler dan pemerintah, serta fasilitas khusus bagi wisatawan asing, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi dan memastikan status perangkat mereka.

Sebagai konsumen, penting bagi kita untuk selalu mendapatkan informasi yang akurat dan memahami regulasi yang berlaku agar dapat memanfaatkan teknologi dengan aman dan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like