15 Pilihan Game Buatan Indonesia, Asli Seru!

15 Pilihan Game Buatan Indonesia, Asli Seru!

Tak kalah canggih, tahukah kamu bahwa ada beberapa game buatan Indonesia yang sangat seru dan ramai dimainkan oleh banyak pengguna di berbagai dunia?

Dalam dunia industri digital, game memiliki tempat khusus di hati para pecinta teknologi dan hiburan. Kemajuan teknologi saat ini membuat game tidak hanya sekedar hiburan, tapi juga menjadi wujud apresiasi seni, storytelling, dan teknik pemrograman.

Seringkali, kita berpikir bahwa game-game terbaik dan terpopuler berasal dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, atau negara-negara Eropa.

Namun, kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa Indonesia, negara kita tercinta, juga telah mencetak berbagai prestasi di kancah gaming internasional.

Ya, banyak game berkualitas yang diproduksi oleh developer lokal telah meraih pengakuan global dan dimainkan oleh gamer di berbagai penjuru dunia.

Namun, game apa saja sih yang berhasil mendunia dan merupakan karya anak bangsa? Kamu mungkin penasaran dengan kreativitas para developer Indonesia yang telah mendunia.

Inilah game buatan Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa di mata dunia, dan layak untuk kamu coba mainkan.

Eksplorasi lebih lanjut akan menunjukkan betapa berbakatnya developer Indonesia dalam menciptakan karya-karya luar biasa.

Pilihan Game Buatan Indonesia

Tanpa berlama-lama, berikut adalah beberapa game buatan Indonesia yang telah mendapatkan tempat di hati para gamer sejati dan populer di berbagai belahan dunia:

  1. Lokapala

Ketika berbicara mengenai genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), mungkin yang terlintas pertama kali di pikiran kamu adalah game terkenal dari negara lain.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa Indonesia juga punya jawaban atas genre ini: Lokapala.

Merupakan karya dari Anantarupa Studios dan dirilis oleh Melon Indonesia Games pada 2020, Lokapala memadukan unsur mitologi Nusantara yang kaya menjadi game buatan Indonesia yang seru dan menarik.

Dengan format pertarungan 5v5, setiap pemain harus berkolaborasi dengan rekan satu timnya untuk menghadapi tim lawan. Untuk meraih kemenangan, komunikasi dan kerja sama tim menjadi kunci utamanya.

Jadi, jika kamu ingin merasakan sensasi MOBA dengan nuansa Nusantara, Lokapala bisa jadi pilihan tepat.

  1. JAGAT

Berbeda dengan game lainnya, JAGAT hadir sebagai platform media sosial virtual ala Indonesia.

Ketika memasuki dunia JAGAT, kamu akan merasa seakan berada di dunia virtual mirip Roblox.

Pengguna diberi kebebasan untuk mendesain avatar 3D mereka dengan berbagai pilihan detail, mulai dari bentuk wajah hingga pakaian yang dikenakan.

Petualangan seru dimulai saat kamu menjelajahi berbagai lokasi virtual yang terinspirasi dari tempat ikonik di Indonesia, misalnya Istana Negara.

Selain itu, di JAGAT, kamu dapat berinteraksi dengan pengguna lain melalui fitur space, tempat di mana kamu bisa berbicara, mendengarkan podcast, atau bermain beragam mini games.

Joystick yang tersedia memudahkan kamu untuk bergerak menjelajahi dunia di game buatan Indonesia ini.

  1. Tahu Bulat 2

Sebagai kelanjutan dari game populer Tahu Bulat, Tahu Bulat 2 hadir dengan konsep yang lebih luas dan menantang.

Jika sebelumnya kamu hanya berfokus pada penjualan tahu bulat, sekarang kamu bisa mengembangkan kota Tahu Bulat impianmu.

Dalam game buatan Indonesia ini, tak hanya menjual tahu bulat di mobil, kamu kini memiliki kesempatan untuk memproduksi tahu di pabrik sendiri.

Seperti halnya game simulator lainnya, setiap bangunan yang kamu bangun memiliki fungsi spesifik yang dapat meningkatkan pendapatan dan perkembangan kotamu.

  1. DreadOut

DreadOut adalah representasi Indonesia dalam game buatan Indonesia genre horror yang sukses mendapat perhatian global.

Dirilis pertama kali oleh Digital Happiness pada Mei 2014, game ini mengisahkan petualangan menegangkan Linda, seorang siswi SMA yang tersesat di sebuah kota mati bersama guru dan teman-temannya.

Unsur horor lokal yang kental membuat DreadOut memiliki ciri khas tersendiri. Kesuksesannya tak berhenti di game pertama.

Pada Februari 2020, sekuel dari game ini, DreadOut 2, diluncurkan dan kembali menyedot perhatian para pecinta game horror di seluruh dunia.

  1. Coral Island

Berlatar pada sebuah pulau tropis yang mempesona, Coral Island menghadirkan pengalaman bertani yang tak biasa.

Dikembangkan oleh Stairway Games yang berbasis di Yogyakarta, game buatan Indonesia ini memungkinkan pemain untuk menanam berbagai jenis tanaman, merawatnya, serta menjual hasil panennya.

Tapi Coral Island tak hanya berhenti pada aktivitas pertanian. Kamu juga dapat berinteraksi dengan penduduk pulau, menjalin relasi, dan bahkan menjelajahi keindahan bawah laut pulau tersebut.

Dengan grafis yang memukau dan gameplay yang mendalam, Coral Island menjanjikan petualangan bertani yang tak terlupakan.

  1. Code Atma

Dalam dunia gaming, sulit menemukan game yang mampu menyajikan kisah dengan sentuhan kedaerahan dan kearifan lokal yang kental.

Code Atma, karya dari Agate Games, berhasil menyajikan hal tersebut.

Game buatan Indonesia kategori RPG ini memperkenalkan pemain ke dunia di mana kamu berperan sebagai seorang investigator yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan Atma, arwah yang bersarang dalam hasrat terdalam manusia.

Tak hanya itu, banyak karakter Atma yang berasal dari mitos dan legenda Indonesia seperti Kuntilanak dan Duyung. Game ini memiliki mekanisme turn-based untuk pertarungannya yang berlangsung secara otomatis, memungkinkan kamu untuk menikmati alur ceritanya tanpa hambatan.

  1. Epic Conquest

Epic Conquest adalah bukti bahwa Indonesia mampu menghadirkan game RPG berkualitas tinggi.

Gaco Games, pengembang asal Solo, mengajak kamu untuk menyelami dunia fantasi yang kaya dengan dialog antar karakter yang memikat.

Awalnya, kamu hanya dapat memilih dua karakter dari empat yang tersedia, tetapi dengan berjalannya waktu, kamu dapat membuka atau bahkan membeli karakter lainnya.

Jangan khawatir soal pembelian dalam game buatan Indonesia ini, Epic Conquest dengan bangga dikenal sebagai game yang tidak memaksa pemain untuk mengeluarkan uang.

Kesuksesanmu dalam game ini sangat bergantung pada usaha dan ketekunanmu dalam berpetualang.

Ditambah lagi dengan grafis memukau dan desain karakter yang mirip dengan anime, menjadikannya salah satu game RPG terbaik buatan Indonesia.

  1. Bus Simulator Indonesia

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi mengendarai bus di jalanan Indonesia, Bus Simulator Indonesia adalah pilihan game buatan Indonesia yang tepat.

Game simulasi ini menawarkan beragam jenis bus yang populer di Indonesia dengan fitur unik, salah satunya klakson “Om Telolet Om!” yang sempat menjadi viral.

Selain itu, kamu akan diberikan tantangan untuk menyelesaikan rute-rute tertentu yang sesuai dengan rute bus asli di Indonesia.

Dengan grafis yang realistis dan gameplay yang mendetail, kamu akan dibawa ke dalam pengalaman mengendarai bus seolah-olah kamu benar-benar berada di jalanan Indonesia.

  1. Simulator Perang Sarung

Menyelami ke dalam game-game Android yang unik, “Simulator Perang Sarung” mengangkat esensi permainan tradisional yang kental.

Di sini, kamu akan diperkenalkan pada konsep ‘berperang’ menggunakan sarung. Tetapi, permainan ini lebih dari sekedar pertarungan. Kamu bisa mengeksplorasi sebuah kampung virtual yang didesain cukup luas melalui map-nya.

Di kampung itulah berbagai karakter menantang seperti Dadang Hambar, Ucup Odading, Si Amang, hingga preman sarung siap menghadangmu.

Bertarunglah menggunakan sarung dan raih skor dalam bentuk uang setiap kali berhasil mengalahkan musuh.

Selain itu, tersedia pilihan untuk membeli gacha, termasuk gacha Sarung dengan harga terjangkau.

Selain sarung, kamu juga bisa memilih berbagai kendaraan unik seperti sedan kodok atau sedan bertema anime.

Uniknya lagi, game buatan indonesia ini menyertakan ikon uang dengan tampilan kurs Rupiah sungguhan di bagian kiri layar.

  1. Mini Racing Adventure

Bukan sekedar game balap mobil biasa, “Mini Racing Adventure” memberikan nuansa berbeda dengan memperkenalkan beragam kendaraan seperti ATV, motor trail, dan truk.

Dalam game buatan Indonesia ini, tugas kamu adalah membantu karakter utama, Martin Nitro Minimo alias MnM, dalam upayanya untuk mempertahankan rekor sebagai pembalap dengan jarak terjauh.

Namun, Omini Speedario, saingan berat Martin, selalu berupaya mengejar dan melampaui rekor tersebut. Mode online dalam game ini memungkinkan kamu untuk berkompetisi dengan pemain lain secara real-time.

  1. Juragan Ojek

“Juragan Ojek” menawarkan pengalaman berbeda dari game-game lain.

Di sini, kamu bukan menjadi pengendara ojek, melainkan pemilik bisnis ojek.

Kamu harus mengatur, memastikan kualitas pelayanan, dan mengembangkan bisnis ojekmu.

Dengan strategi yang tepat, kamu bisa mengembangkan cabang bisnismu ke berbagai kota di Indonesia.

  1. Pandaclip: The Black Thief – Action RPG Shooter

Dengan desain karakter yang imut dan cerita yang menarik,  game buatan Indonesia “Pandaclip: The Black Thief – Action RPG Shooter” menjanjikan petualangan yang seru.

Kamu akan diajak berpetualang dengan 4 beruang bersaudara: Neva, Popino, Pio, dan Chiwa.

Setiap beruang memiliki kepribadian unik yang bisa kamu temui dalam alur cerita. Gameplaynya adalah side scrolling shooter, di mana kamu harus melawan berbagai musuh dengan berbagai senjata yang dapat di-upgrade.

Kamu juga bisa memodifikasi karakter beruangmu dengan pakaian dan aksesoris yang menarik.

  1. Ular Tangga

Permainan klasik ular tangga kini hadir di platform digital melalui “Ular Tangga Indonesia” besutan Keong Games.

Mekanisme dasar permainan tetap sama dengan versi papan tradisionalnya.

Tujuan utamanya adalah mencapai pos 100 dengan menggulirkan dadu.

Dalam perjalanannya, berbagai rintangan dan bantuan seperti awan dan ular siap mempengaruhi langkahmu.

Yang menarik, kamu bisa memainkan game ini bersama teman atau keluarga, menjadikannya lebih seru dan kompetitif.

  1. Pamali

Pamali, yang telah menjelma menjadi salah satu game teratas di Indonesia, memadukan mitos dan legenda urban dari nusantara dalam satu platform interaktif.

Kesuksesan game buatan Indonesia ini bahkan telah melampaui batas industri gaming, mencapai dunia perfilman dengan diluncurkannya versi film dari game ini.

Dengan latar belakang horor yang kuat, game ini membawa pemain ke dalam dunia yang dikuasai oleh cerita rakyat Indonesia seperti kuntilanak, pocong, tuyul, dan entitas mistis lainnya.

Permainan ini dirancang untuk dimainkan secara offline, memberikan pengalaman mendalam yang memungkinkan kamu untuk menyelam lebih dalam ke dalam setiap narasi tanpa gangguan eksternal.

Dianjurkan untuk menjauh dari permainan ini saat malam hari, mengingat atmosfer menyeramkan yang bisa membangkitkan ketakutan yang lebih nyata.

Uniknya, game ini memungkinkan variasi hasil yang bergantung pada tindakan yang kamu ambil selama permainan, menciptakan jaringan keputusan yang kompleks yang mengarah ke berbagai hasil.

  1. Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds

Beranjak ke genre yang berbeda, “Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds” hadir sebagai game RPG papan atas yang merujuk pada beberapa legenda dalam dunia JRPG, seperti Final Fantasy 7 dan Legend of Dragoon.

Game buatan Indonesiaini membuka jendela ke dunia fantasi yang menghanyutkan, di mana kamu akan mengikuti kisah Finn, seorang petualang yang terjebak dalam dilema antara kehilangan memori dan kekuatan misterius yang dimilikinya.

Seiring dengan perkembangan permainan, kamu akan mendalami misteri yang mengelilingi karakter ini, mengungkap ingatan yang hilang dan menjelajahi kedalaman kekuatan tersembunyi yang ia miliki.

Dengan alur cerita yang kaya dan pengembangan karakter yang mendalam, game ini adalah sebuah penghormatan kepada game RPG klasik, menawarkan pengalaman gaming yang wajib untuk dicoba oleh semua penggemar genre ini.

Selama perjalanan ini, pemain akan bertemu dengan berbagai karakter dengan latar belakang dan kisah yang unik, memperkaya narasi dan membangun dunia yang kaya dengan detail dan nuansa.

Akhir Kata

Indonesia telah memperlihatkan kemampuannya dalam industri game dengan menghadirkan berbagai judul menarik yang tak hanya berkualitas tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan cerita lokal.

Mulai dari game horor yang menggali cerita rakyat dan legenda urban seperti “DreadOut”, hingga game RPG yang terinspirasi oleh karya-karya besar dunia seperti “Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds”, Indonesia telah sukses memadukan kreativitas, inovasi, dan ciri khas nusantara dalam setiap kreasi permainannya.

Kesuksesan ini menandakan bahwa game buatan Indonesia tidak hanya mampu bersaing di kancah lokal, tetapi juga di panggung internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like