Review OPPO Pad Air: Perdana dari OPPO, Kualitas Cukup Oke!

Review OPPO Pad Air: Perdana dari OPPO, Kualitas Cukup Oke!

OPPO Pad Air menandai langkah awal OPPO Indonesia dalam meramaikan pasar tablet Android. Pad Air menjadi debut tablet OPPO yang resmi hadir di Tanah Air.

Awalnya, keberadaannya sempat diragukan.

Namun, setelah berinteraksi dengannya selama beberapa waktu, kami terkesan dengan kualitas yang diberikannya.

Penasaran dengan detailnya? Simak ulasan mendalam kami di bawah!

Desain

OPPO Pad Air menampilkan desain yang elegan dan modern. Ukurannya yang ramping dengan rasio hampir 19:6 memberikan kesan premium.

Ditambah lagi, ornamen di bagian belakangnya memberikan sentuhan khas, seakan menyatukan identitas dengan tablet OPPO lainnya yang belum sempat meluncur di Indonesia.

Motif yang mengingatkan kita pada guratan pasir saat diterpa angin di bagian belakang menjadi ciri khas dari OPPO Pad. Disebut sebagai tekstur 3D Sunset Dune oleh OPPO, motif ini memberikan kesan mewah dan unik.

Mengingat Pad Air adalah tablet pertama mereka di Indonesia, kami berharap tren desain ini akan terus diadopsi di produk tablet selanjutnya.

Salah satu keunggulan lainnya adalah teknologi OPPO Glow yang diaplikasikan pada back cover.

Teknologi ini sama dengan yang ada pada smartphone OPPO, membuat bagian belakang tablet tahan terhadap noda sidik jari dan goresan ringan.

Dengan berat hanya 440 gram dan ketebalan 6.94 mm, kamu akan merasa nyaman saat menggunakan tablet ini.

Entah itu saat bekerja, browsing, atau sekadar menonton film, kamu bisa dengan mudah membawanya ke mana-mana, baik dalam tas selempang maupun backpack.

Desain tombolnya pun minimalis. Hanya ada tiga tombol: satu untuk power dan dua untuk volume. Semuanya diletakkan dengan rapi, sejajar dengan kamera belakang.

Kamera depannya pun ditempatkan dengan simetris, menegaskan bahwa OPPO Pad Air lebih optimal digunakan dalam mode landscape.

Detail lain yang menarik adalah keberadaan empat lubang speaker, dua di setiap sisi. Ini menjamin kualitas audio yang luar biasa, diperkuat dengan teknologi Dolby yang menawarkan suara stereo yang jernih.

Untuk keperluan pengisian daya dan transfer data, tablet ini dilengkapi dengan port USB Type C. Namun, perlu diperhatikan, tablet ini tidak memiliki jack audio 3.5 mm dan slot SIM Card.

Jadi, kamu harus mengandalkan koneksi WiFi untuk internet dan Bluetooth untuk mendengarkan musik atau konten audio lainnya.

Layar

Layar OPPO Pad Air

OPPO Pad Air memamerkan layar berukuran 10,36 inci dengan kualitas resolusi 2K (2000 x 1200 pixel). Layar ini mampu menampilkan hingga 1 miliar gradasi warna dengan kecerahan adaptif yang mencapai 2048 level.

Dengan rasio screen-to-body sebesar 83,5% dan bezel yang hanya 8mm, tampilannya terasa luas dan lega.

Berdasarkan pengujian kami, layar dari OPPO Pad Air berhasil menghadirkan visual yang tajam dan warna yang hidup.

Saat menonton pertandingan Piala Dunia, kami merasa terhanyut dalam kualitas gambar yang ditawarkannya.

Menonton film atau serial di Netflix pun menjadi pengalaman yang tak kalah seru, terlebih sudah mendukung Widevine L1 yang memungkinkan streaming hingga kualitas Full HD.

Demi kenyamanan mata penggunanya, OPPO menambahkan fitur Eye Care yang menjaga mata kamu agar tidak mudah lelah saat menatap layar dalam waktu lama.

Ditambah lagi, layar ini telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland yang berfungsi mengurangi emisi cahaya biru.

Bagi kamu yang gemar membaca e-book, fitur E-Ink Screen yang mengubah tampilan menjadi hitam-putih tentu akan sangat berguna.

Namun, perlu diingat, OPPO Pad Air lebih optimal digunakan di dalam ruangan. Meski layarnya masih cukup terlihat di bawah sinar matahari, namun akan lebih optimal jika kecerahannya sedikit ditingkatkan.

Baca Juga: Review Oppo Find N2 Flip: Pelengkap Keseruan Kompetisi Ponsel Flip

Fitur

Dengan sistem operasi ColorOS 12 yang berbasis Android 12, OPPO Pad Air menawarkan pengalaman yang dioptimalkan untuk layar besar.

Antarmuka dari OPPO Pad Air menempatkan dirinya di antara MIUI for Pad milik Xiaomi dan One UI dari Galaxy Tab.

OPPO menyuguhkan fitur split screen yang mudah diakses dengan gestur sederhana. Jika kamu memiliki smartphone OPPO, kamu bisa menampilkan tampilan layar smartphone langsung di tablet. Transfer file? Hanya dengan drag and drop.

Namun, untuk sebagian besar aplikasi lain, tampilannya mirip dengan versi smartphone yang diperbesar. Ini mungkin lebih disebabkan oleh keterbatasan dari Google daripada OPPO sendiri.

Dari segi audio, empat speaker pada OPPO Pad Air cukup menggelegar, meski kualitas suaranya standar.

Kamu mungkin perlu menggunakan earphone TWS, seperti OPPO Enco Buds, karena tablet ini tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5mm.

Kamera belakangnya memiliki resolusi 8MP dengan autofokus, sementara kamera depan 5MP. Meski standar, kualitasnya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Performa & Baterai

Ditenagai oleh chipset Snapdragon 680 dan RAM 4 GB, OPPO Pad Air menjanjikan performa yang responsif.

Dengan kapasitas penyimpanan internal 64 GB yang bisa diperluas dengan microSD, kamu tak perlu khawatir kehabisan ruang. Jika memerlukan RAM tambahan, kamu bisa menambahkan hingga 3 GB melalui fitur RAM Expansion.

Dalam pengujian kami, tablet ini berfungsi dengan lancar tanpa hambatan, bahkan saat menjalankan dua aplikasi sekaligus.

Bermain game seperti Candy Crush, Mobile Legends, atau PUBG Mobile menjadi lebih menyenangkan dengan layar yang besar.

Baterai berkapasitas 7.100 mAh memastikan kamu bisa menikmati tablet ini dalam waktu yang lama. Dalam penggunaan sehari-hari, baterai menjadi salah satu poin yang kami apresiasi.

Dan jika perlu diisi ulang, hanya memerlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk terisi penuh dari kondisi sekitar 5%.

Aksesoris Pelengkap

Aksesoris Pelengkap OPPO Pad Air

Salah satu daya tarik dari OPPO Pad Air adalah dukungannya terhadap Stylus kapasitif.

Dengan alat ini, kamu bisa dengan mudah menandatangani dokumen digital seperti pdf, menggagas ide dengan membuat sketsa, atau bahkan meluangkan waktu bersama buah hati untuk mewarnai gambar.

OPPO Indonesia telah mempersiapkan beragam aksesoris pelengkap untuk memaksimalkan pengalaman pengguna OPPO Pad Air.

Jika kamu berminat, aksesoris-aksesoris ini tersedia di OPPO Store selama stok masih ada.

Diantaranya adalah Smart Cover yang ditawarkan dengan harga Rp 299.000, Smart Keyboard yang dibanderol Rp 799.000, dan Smart Stylus dengan harga Rp 699.000.

Kesimpulan

Melangkah di pasar tablet Indonesia, OPPO Pad Air berhasil menunjukkan ambisi OPPO dalam menghadirkan perangkat yang dapat saling terintegrasi, atau dengan kata lain, memperkaya ekosistem perangkat pintar mereka.

Menyuguhkan tablet multifungsi dengan banderol harga yang kompetitif tanpa mengorbankan performa bukanlah hal yang sederhana.

Namun, OPPO Pad Air berhasil menunjukkan kapabilitasnya dengan baik. Meski ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan, kami yakin OPPO akan memperhatikannya untuk produk-produk mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like