Review Tecno POVA 5 Pro 5G, Banyak Fitur Cuma 2 Jutaan!

Review Tecno POVA 5 Pro 5G, Banyak Fitur Cuma 2 Jutaan!

Tecno POVA 5 Pro 5G ini merupakan produk teranyar yang dikeluarkan oleh Tecno, dengan banderol harga yang berkisar di angka Rp 2 jutaan.

Keberadaannya di tanah air bukan tanpa alasan, melainkan sebagai respons atas antusiasme masyarakat terhadap seri sebelumnya, POVA 4 Pro, yang sukses menarik perhatian banyak konsumen pada tahun 2022.

Menggantikan posisi POVA 4 Pro bukanlah hal yang mudah. Mengapa? Karena POVA 4 Pro, dalam waktu singkat, berhasil menciptakan reputasi sebagai smartphone yang memiliki daya tarik luar biasa di segmennya.

Popularitasnya terbukti dengan kenyataan bahwa setiap kali stok tersedia, perangkat ini seringkali langsung ludes terjual, menunjukkan betapa besarnya minat konsumen terhadapnya.

Namun, dengan semua fitur dan peningkatan yang diusung oleh Tecno POVA 5 Pro 5G, apakah smartphone ini mampu melanjutkan jejak kesuksesan seri sebelumnya?

Ataukah ia akan memiliki cerita sukses yang berbeda? Untuk mendapatkan jawabannya, yuk simak ulasan mendalam mengenai perangkat ini di bagian selanjutnya!

Spesifikasi Tecno POVA 5 Pro

Berikut ini beberapa ulasan performa hingga tampilan Tecno POVA 5 Pro yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu jika ingin beralih untuk ganti ke smartphone ini:

  1. Layar

Ketika kamu pertama kali memandang Tecno POVA 5 Pro 5G, salah satu hal yang akan langsung menarik perhatianmu adalah layarnya. Mengusung ukuran diagonal 6.78 inci, layar ini mengadopsi teknologi panel IPS.

Dengan resolusi FHD+ (2460 x 1080 piksel), tampilan visualnya tajam dan jernih.

Salah satu fitur unggulan dari layar ini adalah kemampuannya untuk menyajikan refresh rate hingga 120 Hz, meningkat dari pendahulunya, POVA 4 Pro, yang hanya menawarkan refresh rate 90 Hz dengan panel AMOLED.

Meskipun ada perubahan teknologi layar dari AMOLED ke IPS, ini bukan berarti kualitas tampilannya menurun. Dengan kalibrasi yang tepat, layar IPS mampu menyajikan kualitas gambar yang memukau.

Ditambah dengan refresh rate 120 Hz, transisi antar halaman dan animasi menjadi lebih lancar. Kamu akan merasakan perbedaan ini saat menjelajahi beranda, menu pengaturan, app drawer, dan aplikasi lainnya.

Sebagai langkah efisiensi, saat layar tidak aktif atau tidak memerlukan refresh rate tinggi, sistem akan otomatis menurunkannya menjadi 60 Hz, membantu dalam penghematan daya.

Dalam hal kecerahan, layar ini mampu menyajikan hingga 580 nit. Meskipun ini adalah angka maksimal yang bisa dicapai, saat diuji dalam kondisi simulasi di luar ruangan, layar tetap konsisten pada angka tersebut.

Dari segi reproduksi warna, layar ini memamerkan warna-warna yang seimbang dan mendekati standar industri seperti 100% sRGB dan DCI-P3.

Bezel di sekitar layar cukup ramping, kecuali di bagian bawah yang sedikit lebih tebal, memberikan kesan “dagu” pada perangkat. Sebagai tambahan, earpiece diletakkan dengan rapi di bezel atas.

  1. Desain

Menginjak pada aspek desain, Tecno POVA 5 Pro 5G menampilkan apa yang disebut sebagai “mecha design”.

Meskipun sulit untuk mendeskripsikannya dengan kata-kata, desain ini memberikan nuansa futuristik yang unik. Tersedia dalam dua pilihan warna, dark illusion dan silver fantasy, keduanya menawarkan estetika yang menawan.

Salah satu fitur menarik pada bagian belakang perangkat adalah Turbo Light, sebuah fitur RGB lighting.

Fitur ini memberikan efek pencahayaan dinamis yang berubah-ubah sesuai dengan kondisi tertentu, seperti saat perangkat dinyalakan, saat mendengarkan musik, bermain game, atau saat pengisian baterai.

Dari segi material, Tecno POVA 5 Pro 5G mengadopsi bahan polikarbonat dengan desain yang flat pada bodi belakang dan frame-nya.

Dengan dimensi 168.5 x 76.5 x 9.0 mm dan bobot sekitar 220 gram, perangkat ini memberikan kesan solid dan ergonomis saat digenggam.

  1. Chipset

Mengintip bagian ‘dalam’ Tecno POVA 5 Pro 5G, kamu akan menemukan chipset Mediatek Dimensity 6080 sebagai otak dari perangkat ini. Chipset ini dibuat dengan teknologi fabrikasi 6 nm yang menjanjikan efisiensi dan performa tinggi.

Jika kamu merasa familiar dengan nama Dimensity 810, itu karena Dimensity 6080 sebelumnya memang dikenal dengan nama tersebut.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih mendalam mengenai spesifikasi dan kemampuan dari chipset ini, kamu bisa menyimak video yang telah dibuat sebelumnya mengenai Dimensity 810.

Dari sisi RAM dan kapasitas penyimpanan, Tecno POVA 5 Pro 5G menawarkan kombinasi RAM 8 GB tipe LPDDR4X dan penyimpanan internal sebesar 256 GB dengan teknologi UFS 2.2.

Sebagai tambahan, perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur MemFusion yang memberikan opsi tambahan hingga 8 GB, memastikan pengalaman penggunaan yang lebih responsif dan lancar.

  1. Baterai

Mengenai daya, Tecno POVA 5 Pro 5G mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan dukungan chipset Dimensity 6080 yang dikenal hemat energi, harapannya tentu saja daya tahan baterai yang luar biasa.

Namun, hasil pengujian menunjukkan bahwa performa baterai ini belum sepenuhnya memuaskan.

Waktu pemutaran layar dan penjelajahan web menunjukkan hasil yang cukup standar, sementara pemutaran video terasa lebih singkat dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan layar OLED.

Salah satu hal yang menjadi sorotan dari Tecno POVA 5 Pro 5G adalah kemampuannya dalam pengisian daya. Perangkat ini menawarkan kecepatan pengisian yang luar biasa di kelasnya.

Dengan baterai 5.000 mAh, perangkat ini mendukung pengisian cepat hingga 68W dengan menggunakan charger dan kabel khusus yang disertakan dalam paket penjualan. Hasilnya? Dalam waktu hanya 30 menit, kamu bisa mendapatkan pengisian hingga 70%.

Ini adalah prestasi yang jarang ditemui di kelasnya. Untuk pengisian penuh, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam, tepatnya 50 menit.

  1. Kamera

Salah satu komponen yang sering menjadi sorotan pada sebuah smartphone adalah kameranya.

Pada Tecno POVA 5 Pro 5G, kamera selfie dengan resolusi 16 MP diletakkan dengan apik di dalam punch hole yang berada tepat di tengah bagian atas layar.

Ini merupakan perubahan signifikan dari pendahulunya, POVA 4 Pro, yang masih menggunakan notch. Dengan punch hole, tampilan depan smartphone menjadi lebih minimalis dan modern.

Kamera depan ini memiliki aperture f/2.0, memungkinkan kamu untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang baik.

Selain itu, kamera ini juga mampu merekam video dengan kualitas hingga “2K” pada 30 fps dan 1080p pada 60 fps.

Sebagai tambahan, terdapat LED flash yang ditempatkan di sisi kanan bezel atas, memberikan pencahayaan tambahan saat kondisi kurang cahaya.

Sementara itu, di bagian belakang, kamera utama dengan resolusi 50 MP menjadi andalan.

Dengan aperture f/1.6, kamera ini mampu menghasilkan foto dengan detail yang tajam. Teknologi pixel binning yang digunakan memungkinkan kamera untuk menghasilkan foto 12.5 MP dengan kualitas yang lebih baik.

Selain kamera utama, terdapat juga Depth Camera yang mendukung efek bokeh, serta dual LED flash yang memberikan pencahayaan optimal saat memotret.

Kemampuan video dari kamera belakang ini juga tak kalah impresif, dengan dukungan resolusi “2K” pada 30 fps, 1080p pada 60 fps, dan fitur Slow Motion hingga 720p pada 240 fps.

Kamera POVA 5 Pro 5G dilengkapi dengan berbagai mode dan fitur menarik, seperti Mode 50 MP, Mode Pro untuk pengaturan manual, Mode Film, Super Night untuk fotografi low light, Ultra Steady untuk video stabil, Sky Shop, Dual Video, Wide Selfie, dan masih banyak lagi.

  1. Fitur Unggulan Lainnya

Tecno POVA 5 Pro 5G juga menawarkan fitur Bypass Charging yang memungkinkan kamu untuk menggunakan daya dari charger secara langsung tanpa harus melewati baterai, memastikan perangkat tetap dingin saat digunakan sambil mengisi daya.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini memerlukan charger asli yang disertakan dalam paket penjualan.

Dari sisi konektivitas, perangkat ini mendukung berbagai jaringan mulai dari 2G, 3G, 4G, hingga 5G, menjadikannya salah satu perangkat 5G paling terjangkau dari Tecno.

Selain itu, terdapat juga dukungan Wi-Fi 5, Bluetooth 5, NFC, USB OTG, dan FM Radio yang memerlukan earphone sebagai antena.

Keamanan menjadi prioritas, dengan adanya pemindai sidik jari dan fitur pengenalan wajah (face unlock) yang responsif. Sementara dari sisi software, perangkat ini menjalankan HiOS 13 yang berbasis Android 13.

Interface dari HiOS ini terbilang bersih dengan beberapa aplikasi bawaan dari Tecno dan layanan resmi mereka. Meski ada beberapa pemberitahuan dari aplikasi bawaan, kamu bisa dengan mudah menonaktifkannya sesuai kebutuhan.

Harga Tecno Pova 5 Pro

Mengenai harga, Tecno Pova 5 Pro 5G ditawarkan dengan banderol Rp 2.999.000 untuk varian RAM 8/256 GB di Indonesia.

Perangkat ini hadir dalam tiga pilihan warna yang elegan, yaitu Amber Gold, Mecha Black, dan Hurricane Blue.

Untuk saat ini, hanya tersedia satu varian memori di Indonesia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like