Review Xiaomi Pad 6: Soal Harga dan Fitur Oke, Cuma Xiaomi Jagonya!

Review Xiaomi Pad 6: Soal Harga dan Fitur Oke, Cuma Xiaomi Jagonya!

Xiaomi, salah satu produsen elektronik ternama, mengeluarkan seri tablet yang mampu bersaing dengan merek-merek besar lainnya melalui Xiaomi Pad 6.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Xiaomi adalah harganya yang terjangkau.

Hal ini memungkinkan konsumen dari berbagai kalangan untuk memiliki tablet berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Pada tahun 2023, Xiaomi kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan varian tablet terbaru, yaitu Xiaomi Pad 6.

Tablet ini menarik perhatian banyak orang, terutama bagi mereka yang sedang mencari tablet dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang masih terjangkau.

Dalam artikel ini, pembahasan akan difokuskan pada Xiaomi Pad 6, mulai dari desain, spesifikasi teknis, fitur unggulan, hingga kelebihan yang ditawarkan oleh tablet ini.

Diharapkan, dengan informasi yang lengkap dan rinci, konsumen dapat membuat keputusan yang tepat saat memilih tablet yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Review Xiaomi Pad 6

Ada banyak sisi yang menarik untuk diulas dari Xiaomi Pad 6 ini karena diklaim keunggulannya sangat sejalan dengan tagline-nya ‘Mending Xiaomi’, diantaranya sebagai berikut:

  1. Layar

Dalam memilih tablet, spesifikasi layar seringkali menjadi pertimbangan utama.

Sebuah tablet dengan layar berkualitas tinggi tentu memberikan pengalaman visual yang lebih memuaskan.

Salah satu contoh tablet dengan layar berkualitas adalah Xiaomi Pad 6.

Meskipun menggunakan panel IPS LCD, layar tablet ini mampu menampilkan hingga 10 miliar warna. Ditambah dengan refresh rate 144Hz, HDR10, dan Dolby Vision, pengalaman visual menjadi semakin realistis.

Dengan kecerahan maksimal mencapai 550 nits, layar ini tetap jelas terlihat meskipun digunakan di luar ruangan atau di bawah sinar matahari langsung.

Ukuran layar yang mencapai 11,0 inci memberikan kenyamanan ekstra dalam berbagai aktivitas, seperti bekerja, mendesain, menonton film, atau bermain game.

Rasio layar ke bodi sebesar 83.6% menambah kesan luas pada layar.

Dari segi resolusi, Xiaomi Pad 6 Pro menawarkan resolusi Full HD+ dengan 1800 x 2880 pixel dan kerapatan 309 ppi.

Sebagai tambahan perlindungan, layar ini dilengkapi dengan Gorilla Glass 3 yang mampu melindungi layar dari goresan dan benturan.

  1. Desain

Dari segi desain, Xiaomi Pad 6 menampilkan perubahan signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, Pad 5.

Jika Pad 5 menggunakan bahan plastik frosted, Pad 6 hadir dengan bahan full aluminum yang memberikan kesan premium.

Meskipun dibanderol dengan harga sekitar Rp 5 juta, tampilan dan rasa ketika memegang tablet ini sebanding dengan tablet premium seperti iPad Pro.

Dengan ketebalan hanya 6,51mm dan bobot 490 gram, tablet ini terasa ringan dan nyaman di tangan.

Detail lainnya termasuk tiga mikrofon dan empat speaker yang terletak di sisi tablet.

Meskipun terdapat slot yang tampak seperti tempat kartu SIM, Xiaomi Pad 6 di Indonesia hanya tersedia dalam versi WiFi-only, sehingga slot tersebut tidak berfungsi.

Dari segi konektivitas, tablet ini dilengkapi dengan port USB-C.

Di bagian belakang, terdapat modul kamera 13MP dengan dual LED flash yang menonjol, serta pin konektor magnetik yang dapat digunakan untuk menghubungkan tablet dengan keyboard case.

Secara keseluruhan, desain Xiaomi Pad 6 menampilkan kesan elegan dengan bahan berkualitas tinggi dan tata letak yang rapi.

  1. Performa

Selanjutnya kita akan membahas performa dari Xiaomi Pad 6 Pro, yang semuanya tergantung dari hardware yang dimilikinya.

Tablet ini menggunakan Android sebagai sistem operasinya, yaitu Android 12.

Untuk interface, mereka menggunakan MIUI 14 terbaru, yang pastinya ramah pengguna.

Beralih ke chipset, tablet ini ditenagai dengan Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm). Chipset ini menggunakan delapan inti, untuk performa dan irit daya.

Soal pengaturan grafis, Xiaomi menyerahkannya kepada GPU Andreno 730.

Lalu, bagaimana performa tablet ini? Dengan spesifikasi seperti di atas, tablet ini bisa kamu andalkan untuk aktivitas apa saja, mulai dari gaming, membuka aplikasi, desain dan lain sebagainya.

Terutama untuk bermain game, kamu bisa memainkan banyak game berat nyaris dengan lancar.

Apalagi, ada dukungan RAM 8GB dan ROM 128GB, yang cocok untuk multitasking dan menyimpan banyak file ukuran besar. Ada banyak varian RAM/ROM yang tersedia, dengan harga yang berbeda-beda, pilih saja sesuai dengan kebutuhanmu.

  1. Baterai

Xiaomi Pad 6 menawarkan kapasitas baterai yang impresif, yaitu 8.600mAh.

Kapasitas sebesar ini menjamin daya tahan yang lama untuk penggunaan sehari-hari. Selain itu, tablet ini juga dilengkapi dengan teknologi fast charging 67W.

Dengan teknologi ini, pengisian daya dapat dilakukan dengan sangat cepat, mencapai penuh hanya dalam waktu 1 jam.

  1. Fitur

MIUI 14 pada Xiaomi Pad 6 menarik perhatian banyak pengguna.

Meskipun versi sebelumnya pada Xiaomi Pad 5 mendapat kritik karena kurang optimal dalam mendukung multitasking, MIUI 14 telah melakukan beberapa perbaikan.

Namun, masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti absennya fitur desktop mode yang ada pada tablet merek lain di kelas yang sama.

Meskipun demikian, multitasking tetap dapat dilakukan dengan baik melalui fitur side-by-side (split screen) dan floating window.

Pengguna dapat mengatur tampilan dan posisi aplikasi sesuai keinginan. Dengan mode ini, empat aplikasi dapat dijalankan secara bersamaan.

Selain itu, MIUI 14 juga menawarkan fitur-fitur lain seperti Dual Apps dan kustomisasi tampilan.

Salah satu fitur baru yang menarik adalah Conference Tools, yang dapat diaktifkan saat melakukan video conference.

Fitur ini menawarkan berbagai alat tambahan seperti beautify, subtitle transcription, dan FocusFrame, yang semuanya berguna untuk meningkatkan kualitas video conference.

  1. Kamera

Kamera depan tablet seringkali menjadi fokus utama, terutama bagi mereka yang sering melakukan video conference.

Xiaomi Pad 6 telah melakukan beberapa perbaikan pada kamera depannya.

Kini, kamera depan ditempatkan di posisi atas saat tablet dalam posisi landscape, mirip dengan posisi kamera pada laptop.

Kamera ini memiliki resolusi 8MP dengan lensa wide-angle yang memungkinkan sudut pandang yang lebih luas.

Fitur FocusFrame memastikan kamera selalu mengikuti wajah pengguna saat video conference, memberikan kebebasan lebih untuk bergerak.

Kualitas kamera depan sangat memuaskan, dengan hasil foto yang tajam dan warna kulit yang natural.

Kamera ini juga dilengkapi dengan mikrofon berkualitas yang mampu menangkap suara dengan jelas.

Kamera belakang, dengan resolusi 13MP dan bukaan f/2.2, menawarkan kualitas foto yang baik, terutama dalam kondisi cahaya yang baik.

Meskipun demikian, kamera ini mungkin kurang optimal dalam kondisi cahaya rendah. Namun, dengan fitur seperti night mode, kamera belakang tetap dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

  1. Aksesoris

Dua aksesoris tambahan yang ditawarkan untuk Xiaomi Pad 6, yaitu Keyboard Case dan Xiaomi Smart Pen generasi kedua, menjadi perangkat pendukung yang esensial bagi pengguna yang menginginkan pengalaman bekerja atau berkarya yang lebih optimal dengan tablet.

Keyboard Case dirancang khusus untuk Xiaomi Pad 6 dengan desain folio case yang elegan.

Dibuat dari bahan kulit sintetis berwarna hitam, case ini memberikan kesan premium saat digunakan.

Pemasangan Keyboard Case pada Xiaomi Pad 6 sangat intuitif, berkat magnet yang memastikan case menempel dengan kuat pada tablet.

Tidak hanya itu, koneksi antara keyboard dan tablet dijembatani oleh tiga pin pogo yang terletak di bagian belakang, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang koneksi Bluetooth.

Hal ini memastikan bahwa keyboard hanya dapat berfungsi ketika case menempel langsung pada tablet.

Sementara itu, Xiaomi Smart Pen generasi kedua menawarkan kemudahan koneksi dengan Mi Pad 6.

Dengan hanya menempelkan pen pada sisi tablet dan mengaktifkan Bluetooth, pen ini siap digunakan.

Fitur pengisian daya wireless memastikan bahwa pen selalu siap digunakan kapan saja.

Dengan 4096 level pressure sensitivity, Xiaomi Smart Pen generasi kedua memberikan sensasi menulis dan menggambar yang alami.

Latensi yang rendah memastikan pengalaman menulis dan menggambar yang lancar, baik saat digunakan untuk membuat catatan atau saat berkarya di aplikasi seperti Autodesk SketchBook.

Selain itu, dua tombol yang terletak di bodi pen memudahkan pengguna saat berpindah slide, menjadikannya alat yang multifungsi, tidak hanya untuk menggambar tetapi juga untuk presentasi.

Akhir Kata

Dalam era digital saat ini, kebutuhan akan perangkat yang mendukung produktivitas menjadi semakin penting.

Xiaomi, dengan Pad 6-nya, menunjukkan komitmen untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan layar berkualitas tinggi, baterai tahan lama, serta desain yang elegan, tablet ini menjanjikan performa yang memuaskan.

Ditambah dengan aksesoris seperti Keyboard Case dan Xiaomi Smart Pen generasi kedua, Xiaomi Pad 6 bukan hanya sekadar tablet, tetapi sebuah alat produktivitas yang lengkap.

Gimana? Kamu tertarik untuk coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like